stres

Waspadai Masalah Kulit Akibat Stres

Stres bisa memberikan dampak buruk bagi siapapun. Tidak hanya untuk kesehatan tubuh saja, tetapi juga bisa mempengaruhi penampilan Anda. Sayangnya banyak orang yang tidak menyadari bahwa masalah kulit yang dimilikinya berasal dari stres. Biasanya mereka mengira hal tersebut terjadi karena kurangnya perawatan sehingga memilih untuk mengunjungi klinik kecantikan terbaik di Jakarta ketika masalah kulit yang mengganggu penampilan muncul. Padahal masalah tersebut akan terus muncul selama penyebab utamanya masih belum teratasi.

Lalu, apa saja sih masalah kulit yang bisa muncul akibat stres? Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Berminyak

Stres akan menyebabkan terjadinya peningkatan hormon kortisol yang memicu produksi minyak pada kulit. Akibatnya kulit akan terlihat semakin berminyak dan kondisi ini akan semakin parah jika Anda tidak melakukan perawatan pada kulit wajah.

  • Jerawat

Jerawat yang muncul akibat stres juga terjadi karena adanya peradangan di usus. Kok bisa? Hal ini diungkapkan oleh Dr. Whitney Bowe yaitu seorang dokter kulit yang berbasis di New York. Menurutnya, saat tubuh stres akan membuat proses pencernaan di usus menjadi lambat dan memengaruhi bakteri yang ada di usus, yaitu meningkatnya jumlah bakteri tidak sehat di organ tersebut. Kondisi melambatnya pencernaan diusus juga menyebabkan terganggunya keseimbangan alami mikroba usus yang bisa berdampak pada terjadinya kebocoran pada lapisan usus. Hal ini bisa memicu munculnya peradangan di seluruh tubuh dan berdampak pada munculnya jerawat. Namun tentunya kaitan antara keduanya masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut. Meskipun begitu, stres memang bisa muncul akibat stres karena efek dari produksi minyak berleih yang akhirnya menutup pori-pori kulit dan tidak dibersihkan.

  • Kulit kering

Selain menyebabkan kulit berminyak, ternyata stres juga berpotensi membuat kulit menjadi kering. Sebab terjadi peningkatan hormon kortisol dan adrenalin pada saat Anda stres yang membuat tubuh banyak berkeringat. Akibatnya tubuh akan mengalami dehidrasi karena banyaknya cairan tubuh yang keluar. Untuk mengatasinya, Anda disarankan untuk banyak mengonsumsi air putih saat sedang banyak berkeringat.

  • Eksim atopik

Menurut situs alodokter, eksim atopik adalah kondisi di mana kulit mengalami peradangan, gatal, kering, dan juga pecah-pecah. Selain itu, kulit juga aakan terasa menebal. Hingga saat ini belum ada yang tahu pasti penyebab dari munculnya penyakit kulit ini, tetapi banyak yang mengatakan bahwa kondisi stres menjadi salah satu pemicunya.

Setelah mengetahuinya, yuk coba kelola stres Anda agar tidak memengaruhi kesehatan kulit Anda. (Vita)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *