perawatan wajah

Begini Tips Merawat Kesehatan Kulit Ketika Puasa!

Masalah yang kerap dihadapi ketika berpuasa adalah kulit kering dan kusam. Pasalnya, selama berpuasa tubuh kekurangan cairan, yang mana bisa memengaruhi kesehatan kulitmu. Oleh karena itu, penting bagimu untuk selalu menjaga kesehatan kulit dengan melakukan beberapa tips berikut ini, selain mengunjungi Klinik Kecantikan Terbaik di Jakarta. Dijamin, dengan mencoba tips-tips ini membuat kulitmu terlihat lebih cerah dan kusam pun hilang.

Adapun beberapa di antaranya adalah sebagai berikut ini, here we go! (source: liputan6)

  1. Konsumsi buah-buahan. Untuk menjaga kesehatan kulit, pastikan kamu mengonsumsi buah-buahan secara rutin setiap hari. Buah-buahan yang kamu konsumsi baiknya yang mengandung banyak air seperti tomat, stroberi, semangka. Selain kaya akan nutrisi, buah-buahan ini mampu mengembalikan kecerahan kulitmu dan membuat kulit pun terlihat lebih cantik. Dan, jangan lupa pula mengonsumsi makanan yang mengandung serat dan antioksidan seperti sayuran hijau, cokelat, kacang almond, hingga buah beri.
  2. Cukupi asupan cairan tubuh. Selain mengonsumsi buah-buahan, penting pula bagimu untuk mencukupi kebutuhan cairan. Di mana, kamu diwajibkan untuk minum air putih sebanyak dalam gelas perhari. Karena sekarang puasa, maka kamu bisa menggunakan rumus 2-4-2, yaitu 2 gelas ketika berbuka puasa, 4 gelas saat malam hari, dan 2 gelas sahur. Hindari mengonsumsi minuman berkarbonasi seperti mengandung alkohol, gula, dan kafein karena minuman ini bisa menyebabkan dehidrasi.
  3. Istirahat yang cukup. Pastikan untuk beristirahat yang cukup dan hindari begadang di malam hari. Hal ini karena waktu tidur yang kurang malah membuat kulit terlihat kusam dan bisa menyebabkan penuaan dini, khususnya di area mata. Kamu juga disarankan untuk rutin berolahraga meski sedang berpuasa sekalipun. Tak hanya membuat tubuh bugar, dengan berolahraga juga mampu menjaga kesehatan kulitmu.
  4. Gunakan pelembab dan cuci wajah secara teratur. Dan tidak kalah penting, jangan sampai lupa menggunakan pelembab agar kulit terdehidrasi dengan baik. Jika kulitmu kering, maka gunakan pelembab berbentuk krim atau minyak khusus untuk wajah. Akan tetapi, bila wajahmu berminyak, disarankan memakai pelembab yang mengandung gel. Selain itu, jangan lupa untuk mencuci wajah secara teratur menggunakan sabun cuci muka.

Itu dia beberapa tips yang bisa diterapkan untuk kamu yang ingin merawat kesehatan kulit meski sedang berpuasa. Semoga bermanfaat, ya! –SH–

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *