Eksfoliasi Malah Bikin Kulit Iritasi? Mungkin Ini Sebabnya!

Akhir-akhir ini kulitmu terasa merah dan gatal? Itu merupakan tanda-tanda iritasi yang perlu segera diatasi. Coba ingat-ingat, kebiasaan apa yang terakhir kamu lakukan? Jangan-jangan ada kebiasaan merawat kulit yang salah dan justru membuatnya mengalami masalah. Misalnya seperti men-skip sabun mandi untuk kulit kering dan mengeksfoliasi kulit dengan cara yang salah sehingga kulit jadi iritasi. Eksfoliasi memang penting untuk dilakukan, asalkan kamu tahu bagaimana aturan mainnya. Namun, masih banyak yang belum tahu bagaimana cara tepatnya dan melakukan kesalahan-kesalahan ini:eksfoliasi

  • Tidak menyesuaikan scrub dengan jenis kulit

Ada banyak macam scrub yang beredar di pasaran. Namun, kamu tidak bisa memilihnya sembarangan. Scrub yang cocok untuk kulit temanmu belum tentu sesuai dengan kulitmu. Karena itu, kamu harus mengetahui jenis kulitmu terlebih dahulu: apakah sensitif atau tidak. Kulit yang sensitif tidak dianjurkan menggunakan scrub dengan butiran besar dan kasar, sebab butiran tersebut dapat menggores kulit sensitif dan merusak kapiler, sehingga menyebabkan kemerahan dan iritasi. Jika kulitmu sensitif, maka segeralah ganti dengan scrub yang memiliki butiran lebih halus.

  • Menggunakan bahan-bahan yang salah

Selain scrub, kamu juga bisa mengeksfoliasi kulit dengan bahan alami atau bahan kimia tertentu. But again, kamu harus memilihnya dengan bijak. Ketahui bahwa tidak semua bahan eskfoliasi aman di kulitmu. Sebaiknya hindari bahan kimia yang keras dan scrub yang terbuat dari apricot atau walnut karena bahan-bahan ini dapat memicu iritasi pada kulit. Melakukan kebiasaan yang salah, dapat menyebabkan kerusakan juga pada wajah.

  • Terlalu sering melakukannya

Rasanya memang menyenangkan saat kulit lebih lembut dan halus seusai melakukan eksfoliasi. Namun, hal ini tidak bisa menjadi alasan untuk melakukan eksfoliasi terus-menerus. Menurut ahli dermatologi, mengeksfoliasi kulit dengan scrub cukup dilakukan satu kali seminggu untuk kulit kering. Sedangkan untu kulit berminyak, maksimal dua kali seminggu.

  • Mengeksfoliasi di waktu yang kurang tepat

Tahukah kamu kalau produk-produk eksfoliasi dapat membuat kulit lebih sensitif pada matahari hingga 45%? Oleh sebab itu, sebaiknya lakukan eksfoliasi kulit hanya di malam hari hindari mengeksfoliasi kulit di siang hari. Untuk mencegah iritasi, kamu pun tak boleh lupa menggunakan pelembap dan sunscreen setiap hari.

Itu dia kesalahan-kesalahan yang mungkin pernah kamu lakukan dalam mengeksfoliasi kulit. Semoga tips ini bisa membantumu ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *