Benarkah Pembersih Wajah yang digunakan yang Terbaik?

Kenapa Ya Kulit Kering dan Perih Setelah Dibersihkan?

Membersihkan wajah dengan menggunakan pembersih wajah lokal yang bagus sangat penting. Sebab, kulit wajah yang tidak dibersihkan bisa menjadi sumber kuman dan menimbulkan berbagai masalah kulit. Namun, bagaimana jika kulit wajah justru terasa perih setelah dibersihkan?

Ya, masalah tersebut memang terkadang terjadi pada sebagian orang. Jika kamu mengalaminya, tidak perlu khawatir atau takut. Apalagi jika sampai memutuskan tidak mau lagi membersihkan wajah. Sebab ternyata, ada beberapa penyebab hal tersebut terjadi, di antaranya:

  • Pembersih yang digunakan

Apa pembersih wajah yang digunakan adalah brand dan jenis yang sudah kamu pakai jangka lama? Jika iya, coba perhatikan kembali apakah mereka melakukan perubahan komposisi atau adanya kandungan baru. Sebab, mungkin saja kulitmu tidak cocok dengan perubahan tersebut. Sebab, jika pembersih wajah yang digunakan tidak cocok juga bisa menimbulkan masalah kulit. Seperti panas, kering, perih, dan sebagainya.

  • Kondisi air

Pastikan kamu membersihkan wajah dengan air yang bersih juga dengan suhu yang tepat. Banyak orang yang senang membersihkan wajah dengan air hangat. Tidak masalah, tetapi suhunya tidak boleh terlalu tinggi. Sebab semakin panas air maka akan membuat kulit menjadi kering dan mudah mengelupas sehingga terasa kering.

  • Adanya luka

Terkadang kamu mungkin tidak menyadari adanya luka pada wajahmu. Baik karena tergores oleh kuku tanpa sengaja, atau karena bekas jerawat. Namun, luka-luka tersebut mungkin saja akan terasa sakit saat terkena sabun pencuci wajah maupun air. Rasa perih yang terjadi akibat ini umumnya hanya terasa pada satu lokasi saja.

  • Kesalahan saat membersihkan

Membersihkan wajah dengan pembersih yang mengandung scrub atau butiran halus boleh saja. Namun hindari menggunakan pembersih tersebut setiap hari karena scrub justru bisa mengikis kulit wajah. Apalagi jika kamu menggosok wajah terlalu keras. Maka risikonya kulit wajahmu bisa berisiko mengalami iritasi sehingga terasa perih.

Jika kamu merasa bahwa salah satu hal di atas adalah penyebabnya, kamu bisa segera menghindari salah satunya agar kulit tidak lagi perih setelah dibersihkan. Namun, seandainya tidak, maka kamu bisa mengonsultasikan pada ahli kecantikan untuk mendeteksi adanya masalah pada kulit wajahmu.

Mengetahui penyebab kulit terasa kering dan perih setelah dibersihkan memang penting untukmu, namun kamu juga wajib tahu apakah selama berada di dalam ruangan perlu menggunakan sunscreen mengingat kamu tidak terpapar sinar matahari langsung.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *