nonton TV
Health

Benarkah Menonton TV Terlalu Dekat Bisa Merusak Mata?

Jangan nonton Tv terlalu dekat, nanti matanya sakit.” Banyak sekali orangtua yang memperingatkan ketika anak mulai mendekati rak TV minimalis di rumah untuk menonton acara kesayangannya. Tidak hanya memperingatkan saja, bahkan banyak juga orangtua yang benar-benar memaksa anaknya mundur dan menjaga jarak dari layar televisi.

Namun, pernahkah Anda bertanya apakah kepercayaan menonton TV terlalu dekat memang benar bisa merusak mata? Atau jangan-jangan hanya kepercayaan turun temurun tanpa dasar yang jelas saja.

Sebenarnya kepercayaan tersebut bukanlah sesuatu yang tidak berdasar sama sekali. Sebab, pada tahun 1960-an ada sebuah produsen televisi yang berhasil memproduksi televisi tetapi memiliki pancaran radiasi 100.000 kali lebih banyak dari yang diizinkan ahli kesehatan mata. Televisi tersebut kemudian ditarik dari pasaran dan perusahaan tersebut memproduksi set telvisi baru dengan pancaran radiasi yang lebih rendah.

Namun, televisi lama dengan model layar cembung tetap memiliki pancaran radiasi yang cukup tinggi yaitu sekitar 10.000 kali. Itulah sebabnya, menonton televisi dengan jarak aman tetap disarankan agar kesehatan mata tetap terjaga.

Untuk ukuran jarak aman menonton televisi sebenarnya sekitar 3 meter dari televisi juga sudah cukup. Namun, ada perhitungan mengenai jarak aman ini yang telah disetujui oleh dunia internasional, yaitu 5 kali dari lebar layar televisi. Artinya semakin lebar layar televisi di rumah Anda, semakin jauh juga jarak aman Anda menonton televisi. Misalnya, jika lebar layar televisi rumah Anda adalah 40”, jarak amannya adalah 200”. Perhitungan ini tentunya bukan masalah untuk Anda yang memiliki ruangan dengan luas cukup besar, tetapi bagaimana dengan Anda yang memiliki ruangan dengan luaas terbatas? Akan sangat merepotkan, bukan?

Sebenarnya, Anda tidak perlu khawatir lagi akan masalah hitung-hitungan ini. Sebab layar televisi saat ini sudah menggunakan layar datar dan berbagai teknologi sehingga pancaran radiasinya sangat rendah. Namun, bukan berarti Anda bisa menonton televisi sepuasnya karena risiko mata lelah tetaplah ada. Untuk mengatassinya, ada baiknya jika Anda sudah mulai merasa tidak nyaman pada bagian mata, segera istirahatkan dengan memandang hal lain. Tapi jangan layar ponsel ya, karena memiliki pancaran sinar yang sama dengan televisi sehingga bisa membuat mata tetap lelah. Semoga bermanfaat! (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *