jerawat
Health,  Lifestyle

Waspada, Beberapa Jenis Jerawat Ini Perlu Penanganan Khusus

Jerawat, suatu hal yang sangat tidak disukai oleh para perempuan maupun laki-laki karena akan sangat memengaruhi penampilan mereka. Bahkan, meskipun jerawat yang muncul bukan di area yang terlihat, seperti punggung atau kepala, tetap saja jerawat dirasa mengganggu. Itulah alasannya banyak yang rela meluangkan waktu ke klinik kecantikan terbaik di Jakarta untuk mengatasi masalah ini. Namun banyak juga yang berusaha untuk mengatasi masalah ini sendiri karena tidak memiliki waktu luang atau malas untuk pergi ke klinik kecantikan.jerawat

Sebenarnya, kamu sendiri bisa menghilangkan jerawat menggunakan beberapa bahan alami seperti putih telur, lemon, dan sebagainya. Namun ada baiknya jika kamu mengetahui terlebih dahulu jenis jerawat yang ada pada kulitmu. Sebab ternyata ada beberapa jenis jerawat yang tergolong parah dan membutuhkan penanganan khusus agar tidak semakin memburuk. Berikut ini adalah beberapa jenis jerawat berdasarkan situs alodokter:

  • Jerawat kistik.

Jerawat ini tergolong kategori jerawat parah dan terjadi akibat hal yang menyumbat pori-pori masuk ke dalam kulit. Jerawat ini awalnya ditandai dengan adanya benjolan yang padat dan terkadang terasa lembut. Namun juga terkadang ada yang berbentuk benjolan merah berukuran cukup besar dengan nanah di dalamnya. Jerawat ini bisa bertahan hingga tahunan dan meninggalkan bekas luka. Selain itu, jerawat ini juga bisa muncul pada beberapa bagian kulit dan menimbulkan rasa sakit.

  • Jerawat nodulokistik.

Jerawat ini sering juga disebut sebagai jerawat batu dan mengalami peradangan. Jerawat ini bisa berubah warna menjadi ungu atau merah tua dan ketika sudah parah akan meninggalkan bekas luka. Jerawat ini terbentuk akibat dari infeksi yang sudah masuk jauh ke dalam kulit dan sering disertai dengan nanah.

  • Jerawat conglobata.

Jerawat ini biasanya berjumlah banyak karena saling berhubungan satu sama lainnya. Terjadi pada bagian bawah kulit dan jerawat yang saling terhubung telah mengalami peradangan. Hingga saat ini belum bisa dipastikan penyebab terjadinya jerawat ini, tetapi jika ada jerawat biasa yang kondisinya memburuk atau mengalami peradangan maka akan memperburuk jerawat ini. Biasanya terjadi pada laki-laki dan bisa muncul pada berbagai area kulit, seperti dada, punggung, paha, hingga wajah.

  • Akne fulminas.

Jerawat ini merupakan jerawat yang muncul di seluruh area tubuh dan disertai dengan keluhan masalah kesehatan lainnya. Beberapa keluhannya yaitu demam, nyeri otot, lemas, dan juga adanya pembengkakan pada organ limpa dan hati. Jerawat ini bisa muncul tiba-tiba tapi terkadang diawali dari jerawat biasa dengan kadar ringan hingga sedang selama sekitar satu tahun. Termasuk kasus yang jarang tetapi biasanya terjadi pada pria berusia sekitar 13 hingga 16 tahun.

Jika Anda mengalami salah satu dari keempat jerawat di atas, ada baiknya segera mengonsultasikan kondisi Anda pada dokter kulit. Dengan begitu Anda akan mendapatkan penanganan yang tepat sesuai dengan kondisi jerawat Anda. (Vita)

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *