kacang
Health,  Lifestyle

Benarkah Kacang Bisa Menyebabkan Munculnya Jerawat?

Pernah heran mengapa tiba-tiba muncul banyak jerawat di wajah? Coba ingat-ingat, apakah belakangan ini kamu sering mengonsumsi kacang? Kacang-kacangan merupakan salah satu makanan yang mengandung nutrisi baik untuk tubuh sehingga banyak dijadikan bahan makanan sehat. Namun, banyak juga perempuan yang takut memakannya karena menurut informasi yang beredar di masyarakat, kacang bisa menyebabkan munculnya jerawat di wajah. Memang sih masalah tersebut bisa hilang dengan melakukan perawatan di klinik terbaik untuk menghilangkan jerawat, tetapi jika bisa mencegahnya muncul bukannya lebih baik?kacang

Namun, apakah informasi yang beredar di masyarakat tersebut benar ataukah hanya mitos belaka? Berikut ini penjelasannya!

Sebenarnya, para peneliti sendiri masih banyak yang berbeda pendapat mengenai hal ini. Namun, menurut situs alodokter, kacang merupakan makanan yang mengandung asam lemak omega 3 cukup tinggi. Kandungan ini dapat berperan untuk mengurangi inflamasi atau peradangan di sekitar kelenjar minyak. Sehingga tidak menyebabkan munculnya jerawat di kulit.

Namun, menurut situs klikdokter, kacang memang bisa menyebabkan jerawat karena proses pengolahannya di dalam tubuh dalam sistem pencernaan. Kandungan lemak dan protein yang tinggi dalam kacang, membuat tubuh membutuhkan waktu lama untuk bisa mencernanya. Kondisi ini akan menyebabkan aktifnya sel imun yang kemudian memproduksi antibodi. Hal inilah yang akhirnya menyebabkan iritasi kelenjar minyak dan muncullah jerawat.

Selain itu, dalam situs ini juga dijelaskan bahwa kacang memang mengandung omega 3 yang bermanfaat sebagai anti peradangan, tetapi tidak sebanding dengan kandungan omega 6 yang justru bisa mencetuskan peradangan. Itulah sebabnya, kacang bisa menjadi penyebab munculnya jerawat di kulit.

Lalu, apa artinya kita tidak boleh makan kacang jika tidak ingin berjerawat? Ternyata, makan kacang boleh saja asal tahu cara yang tepat sehingga bisa meminimalnya kemungkinan munculnya jerawat. Berikut ini adalah beberapa caranya:

  1. Pilih kacang dengan kadar omega 3 yang tinggi dan omega 6 yang rendah. Jika Anda membeli kacang kemasan, Anda bisa melihat informasi nilai gizi pada kemasan. Sementara jika Anda membeli kacang tanpa ada keterangan nilai gizi, Anda bisa pilih kacang mete, makademia, atau hazelnut.
  2. Olah kacang dengan sehat dan tanpa digoreng karena minyak yang digunakan untuk menggoreng bisa memperparah kondisi jerawat. Anda bisa mengolahnya dengan cara menggoreng tanpa minyak, kukus, atau merebusnya saja.

Hal lain yang tidak kalah penting yaitu, konsumsi kacang secukupnya. Baik menyebabnkan jerawat ataupun tidak, apapun makanannya jika dikonsumsi secara bberlebihan tentulah tidak baik. Bahkan makanan yang mengandung nutrisi baik untuk tubuh sekalipun. Jadi, pastikan untuk memperhatikannya, ya! (Vita)

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *