wisata bersama keluarga
Parenting

Ini Manfaat Mengajak Anak ke Tempat Wisata Sejak Dini

Daripada hanya bermain di dalam rumah saja, ada baiknya jika sesekali Anda mengajak sang buah hati ke tempat wisata seperti taman hiburan keluarga di Jakarta atau kota tempat tinggal Anda. Sebab akan ada banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh sang buah hati saat mengunjungi tempat tersebut. Apalagi jika tempat wisata yang dikunjungi adalah taman hiburan edukasi seperti Kidzania Jakarta, atau tempat wisata edukasi lain yang sesuai dengan usia buah hati Anda. wisata bersama keluarga

Lalu, apa sajakah manfaat yang bisa Anda dapatkan? Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Anak belajar bersosialisasi

Anak akan belajar untuk berkenalan dengan orang-orang baru yang sebelumnya tidak dikenalnya. Belajar untuk mencari teman bermain bersama tanpa bantuan Anda sebagai orangtua. Saat bermain ini anak akan belajar banyak hal berkaitan dengan menjaga hubungan baik dengan teman barunya. Dari mulai belajar berbagi, saling toleransi, dan berbagai hal lainnya.

  • Anak belajar hal baru

Jika Anda mengajak anak mengunjungi berbagai tempat, anak akan mengenal berbagai hal baru yang ada di sekitarnya. Mungkin Anda bisa mengenalkan anak di rumah melalui video, tetapi mengajaknya melihat secara langsung jauh lebih baik. Apa yang akan dipelajari anak melalui lingkungannya juga akan berbeda, tergantung lokasi Anda mengajak anak. Misalnya Anda mengajak anak ke taman yang memiliki banyak tumbuhan, maka Anda bisa mengenalkan anak pada berbagai jenis tumbuhan yang ada dan bagaimana cara memperlakukannya yang baik. Misalnya tidak menginjak rumput, memetik bunga, dan sebagainya.

  • Anak belajar menaati aturan

Setiap tempat wisata pasti memiliki aturannya masing-masing yang harus ditaati. Dengan mengajak anak ke berbagai tempat wisata, anak akan memahami hal tersebut dan berusaha untuk tidak melanggarnya. Tentunya, agar manfaat ini dapat berjalan dengan baik, Anda juga harus memberikan contoh yang benar pada anak.

Mengajak anak ke tempat wisata memang memberikan banyak manfaat. Itulah mengapa, saat ini hampir tidak ada tempat wisata yang sepi pengunjung saat musim liburan sekolah tiba. Jadi, Anda sebagai orangtua harus mengawasi anak dengan baik ya, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan saat berwisata. Selamat berwisata! (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *