Pakai Oli Mobil untuk Motor, Apakah Bisa?

Pernahkah Anda membayangkan apa yang terjadi jika oli mesin mobil digunakan pada motor? Kira-kira apa yang terjadi? Pada dasarnya, pelumas atau oli memang dibuat dari base oil dan bahan aditif. Namun, tingkat kelicinan pelumas untuk motor dan mobil berbeda. Hal ini tentu bukannya tanpa alasan. Tingkat kelicinan oli motor lebih rendah dibandingkan dengan oli mobil karena motor menggunakan kopling basah atau biasa disebut wet clutch.motor

Tapi apakah ada yang ingin mencoba bereksperimen menggunakan oli mesin mobil pada motor? Apakah bisa? Sebenarnya, penggunaan oli mobil untuk motor bukanlah merupakan hal yang tepat. Apalagi hal ini dapat memengaruhi keamanan pengendara motor. Memangnya apa kemungkinan yang terjadi ketika oli mobil digunakan pada motor?

Seperti yang telah dijelaskan di atas, motor tidak memerlukan oli dengan tingkat kelicinan tinggi, sebab oli mesin pada sepeda motor juga berfungsi untuk melumasi komponen yang terdapat dalam transmisi. Sedangkan oli mobil memilki aditif low friction atau tingkat kelicinan yang lebih tinggi, sehingga jika digunakna untuk motor justru akan menyebabkan selip kopling pada motor.

Selip kopling akan rentan terjadi ketika motor melaju dengan kecepatan tinggi, membawa beban yang berat, dan ketika berada dalam tanjakan. Saat putaran gas dibuka, putaran mesin tetap ikut naik tapi roda tidak bisa mengimbangi putaran mesin motor. Hal ini tentunya dapat membuat performa motor terganggu dan memunculkan berbagai permasalahan mesin.

Selain itu, tingkat stress oli mobil dan motor pun berbeda. Putaran mobil yang lebih tinggi memerlukan stress oli yang lebih tinggi. Formulasi zat aditif pada oli mobil dan motor pun juga berbeda. Intinya, oli mobil dan motor sudah diciptakan masing-masing sesuai dengan fungsi dan kinerja mesin.

Bukan berarti oli mobil yang memiliki harga lebih mahal akan memberikan efek yang lebih baik pada mesin motor. Jadi, sebaiknya urungkan niat untuk bereksperimen menggunakan oli mesin mobil pada motor karena hanya akan menimbulkan masalah pada performa motor. Pilihlah oli yang sesuai dengan kebutuhan kendaraan Anda. (Rima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *