ban mobil
Otomotif

Ban Mobil Baru Sebaiknya Pasang di Depan atau Belakang?

Untuk memastikan keselamatan dalam berkendara, ada banyak perawatan mobil yang harus Anda lakukan. Dari mulai melakukan ganti oli mesin secara teratur, berkendara dengan cara yang benar, dan yang tidak kalah penting yaitu memilih komponen mobil berkualitas baik. Salah satu komponen atau bagian mobil yang dimaksud adalah ban mobil.

Yap, memilih ban mobil berkualitas baik dan memastikan untuk menggantinya sebelum usia pakainya habis sangatlah penting. Sebab tidak hanya mempengaruhi kenyamanan berkendara saja, tetapi juga keselamatan Anda dan pengguna jalan lainnya. Namun, memilih ban berkualitas saja sebenarnya tidak cukup untuk memastikan keamanan Anda berkendara. Sebab jika pemasangannya dilakukan dengan salah, maka tetap saja akan berbahaya.

Pemasangan yang salah ini maksudnya adalah lokasi pemasangan ban. Banyak orang yang sering merasa bingung ketika baru membeli ban, harus meletakkannya pada bagian depan atau belakang. Memang, bagi Anda yang mengganti keempaatnya secara langsung tidak akan merasa bingung seperti ini. Namun harga ban yang cukup mahal seringkali membuat pemilik mobil menggantinya secara bertahap. Nah, biasanya mereka akan memilih untuk memasang ban pada bagian depan karena di anggap bagian tersebut merupakan pengatur arah kendaraan.

Benarkah demikian?

Ternyata pendapat tersebut salah besar. Sebab pemasangan ban baru di bagian depan mobil adalah kesalahan yang bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan. Hal ini dikarenakan ban depan memiliki kemampuan mencengkeram jalan yang lebih baik dari ban belakang. Akibatnya ketika Anda mengerem ban belakang tidak mampu mengimbangi dan mengalami selip atau yang disebut oversteer. Padahal, ketika hal ini terjadi Anda akan sulit untuk mengantisipasinya karena bagian yang mengalami selip bukanlah bagian mobil yang berada di bawah kemudi Anda.

Berbeda jika yang Anda alami adalah understeer atau selip pada ban bagian depan. Karena pengendali ada ditangan Anda, maka Anda masih bisa mengendalikan mobil selama mengetahui cara mengatasinya. Itulah sebabnya, sangat disarankan jika ban mobil yang baru dibeli dipasang pada bagian belakang mobil. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *