oli bekas

Berbagai Perubahan Warna Pada Oli dan Penyebabnya

Ketika berbicara mengenai warna oli mesin mobil, banyak yang akan langsung teringat dengan warna kuning keemasan atau warna hitam pekat. Hal yang wajar memang, karena oli yang masih baru biasanya berwarna kuning keemasan dengan tekstur kental dan oli yang sudah digunakan memiliki warna hitam pekat dan terkadang teksturnya lebih cair.

Namun, tahukah Anda bahwa ternyata oli bisa mengalami perubahan ke warna lainnya juga, loh? Penasaran? Berikut ini pembahasannya!

  • Hijau atau sewarna bahan bakar

Ini adalah pertanda mobil sedang mengalami FD atau fuel dilution. FD sendiri adalah kondisi ketika oli terkontaminasi oleh bahan bakar yang digunakan oleh mobil Anda. Itulah sebabnya, perubahan warna oli pada umumnya akan mengikuti warna bahan bakar yang digunakan oleh kendaraan Anda.

Namun selain perubahan warna sesuai dengan warna bahan bakar, FD juga ditandai dengan adanya aroma bahan bakar pada cairan oli. Jika kondisi ini terjadi, maka harus segera dilakukan pengecekan dan perbaikan paada area mesin agar masalah FD teratasi.

  • Hitam pekat

Ini adalah perubahan warna yang bisa dikatakan wajar pada oli yang sudah digunakan. Sebab, adanya suhu panas yang sangat tinggi pada proses pembakaran serta fungsi oli yang membersihkan dinding komponen mesin membuatnya berubah berwarna hitam.

Namun, jangan terlalu khawatir jika oli ini langsung berwarna hitam pekat saat baru beberapa hari Anda melakukan ganti oli. Sebab, begitu Anda menuangkan oli baru pada tangki oli dan menyalakan mesin, oli sudah langsung tercampur dengan sisa oli lama dan juga langsung melakukan tugasnya. Jadi wajar saja jika perubahan warna langsung terjadi.

  • Putih

Ini adalah hal yang harus Anda waspadai. Jika saat Anda melakukan pengecekan oli dan menemukan warnanya agak putih susu, maka segera bawa mobil Anda ke bengkel. Sebab, hal ini menandakan cairan oli sudah terkontaminasi dengan air. Baik itu akibat kebocoran maupun hal lainnya.

Oli yang terkontaminasi dengan air dapat menyebabkan masalah yang sangat serius bagi mesin Anda. Jadi jangan pernah mengabaikannya.

Perubahan warna pada oli bisa menjadi salah satu indikator kondisi mesin mobil Anda. Jadi jika Anda melakukan ganti oli sendiri di rumah, pastikan untuk memerhatikan perubahan warnanya, ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *