oli mobil
Otomotif

Dampak Menggunakan Oli dengan Kekentalan yang Tidak Sesuai

Oli memiliki peran yang sangat penting untuk melumasi komponen mesin yang saling bergesekan saat bekerja. Jika cairan ini bermasalah dan tidak bisa berfungsi maksimal, maka dampaknya akan bisa membuat kinerja mesin bermasalah. Akibatnya Anda harus membawa mobil ke bengkel rekanan Asuransi Mobil Komprehensif milik Anda untuk diperbaiki.oli mobil

Sayangnya, banyak pemilik dan pengguna mobil yang merasa bahwa mesin mobil kesayangannya sudah aman karena olinya selalu diganti tepat waktu. Padahal hal itu saja belum cukup, loh! Selain memperhatikan waktu penggantian, memilih oli yang sesuai dengan kebutuhan mesin juga sangat penting. Salah satunya yaitu dengan memperhatikan kekentalannya. Sebab ketika kekentalan oli yang digunakan tidak sesuai, akan memberikan dampak buruk, di antaranya:

  • Oli terlalu kental

Oli yang terlalu kental akan membuat mesin bekerja lebih keras, sehingga tarikan mesin akan terasa lebih berat. Kondisi ini paling dirasakan saat awal tarikan dan juga saat Anda melewati jalan menanjak. Tidak hanya itu saja, kondisi tersebut akan membuat konsumsi bahan bakar Anda semakin tinggi dibandingkan dengan kondisi normal.

  • Oli terlalu cair

Cukup banyak orang yang merasa nyaman menggunakan oli dengan kekentalan di bawah yang disarankan. Alasannya, oli ini membuat tarikan mobil semakin ringan. Padahal oli dengan kondisi ini akan membuat penggunaan oli semakin boros. Sebab kemampuan melumasi oli akan semakin cepat menurun dibandingkan dengan oli yang kental.

Tidak hanya dampak yang telah disebutkan di atas, penggunaan oli dengan tingkat kekentalan yang salah dapat juga mempercepat kerusakan mesin. Sebab mesin tidak akan terlapisi oleh oli secara maksimal. Misalnya ketika Anda menggunakan oli yang terlalu kental hingga membuat cairan tersebut tidak bisa menembus kerapatan mesin sehingga ada bagian yang tidak terlapisi. Sementara ketika Anda menggunakan oli yang terlalu cair, akan membuat oli mengalir begitu saja dan tidak bertahan di sela-sela mesin sehingga mesin akan tetap bergesekkan ketika sedang beroperasi. Jika kondisi ini berlangsung terus menerus maka akan membuat mesin yang saling bergesekkan tersebut lebih cepat rusak.

Nah, setelah tahu dampaknya pastikan Anda memilih oli sesuai dengan tingkat kekentalan yang dibutuhkan, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *