Ini Tantangan yang Harus Dihadapi Agen Asuransi

Anda pasti sering mendengar kisah kesuksesan agen asuransi jiwa yang berhasil mendapatkan penghasilan hingga puluhan juta rupiah setiap bulannya. Tidak hanya itu, banyak juga dari mereka yang berhasil mengumpulkan uang tersebut dalam waktu cukup singkat. Misalnya baru beberapa bulan bekerja.agen asuransi

Ketika mendengar hal tersebut, mungkin Anda jadi tertarik mencoba profesi ini. Namun, apa iya profesi ini sudah pasti bisa memberikan penghasilan sebesar itu?

Ternyata tidak seperti itu, loh! Modal utama yang harus Anda miliki sebelum menjadi agen asuransi yang sukses adalah hilangkan rasa malu dan takut. Yap, rasa malu dan takut bisa menjadi tantangan pertama dan terbesar Anda saat menjalankan profesi ini. Tanpa adanya kedua rasa tersebut, Anda akan bisa dengan percaya diri mencari konsumen potensial di mana pun Anda berada. Bahkan, ketika Anda sedang berada di tempat umum sekalipun, seperti transportasi umum.

Akan tetapi, tidak hanya tantangan melawan rasa malu dan takut saja yang harus Anda hadapi, ada berbagai tantangan lain juga seperti:

  • Penolakan

Meski sudah susah-susah menjelaskan istilah dasar dalam asuransi jiwa syariah, tak jarang agen asuransi tetap mengalami penolakan. Ya, agen asuransi adalah salah satu profesi yang cukup sering mengalami penolakan, mulai dari penolakan halus hingga yang cukup kasar. Bahkan, ada juga yang langsung menolak ketika baru diberikan penawaran asuransi tanpa mendengar penjelasan apapun terlebih dahulu. Itulah sebabnya, agen asuransi yang profesional harus mampu bertahan mengalami penolakan ini. Selain itu, agen asuransi tetap harus bisa bersikap ramah dan sopan ketika menghadapi konsumen yang melakukan penolakan secara kasar sekalipun.

  • Persaingan antar perusahaan asuransi

Saat ini cukup banyak perusahaan asuransi yang menawarkan produk serupa. Biasanya perbedaannya ada pada nilai pertanggungan, sistem klaim, dan terkadang pada hal yang termasuk pertanggungan. Agen asuransi harus mampu menekankan kelebihan yang dimiliki oleh produk asuransinya dibandingkan dengan asuransi lain. Apalagi terkadang calon konsumen sudah mencari informasi mengenai produk asuransi dari berbagai perusahaan asuransi sebagai perbandingan.

  • Persaingan antar agen

Tidak hanya perusahaan asuransi saja yang bersaing, agen yang ada pada perusahaan asuransi yang sama juga bisa saling bersaing untuk mendapatkan konsumen. Untuk dapat menghadapi persaingan ini, Anda harus memiliki kemampuan dan pemahaman yang baik atas produk asuransi yang dijual. Jika konsumen merasa yakin dengan penjelasan Anda, bukan tidak mungkin mereka akan memilih untuk membeli asuransi dari Anda.

 

Ternyata, tidak mudah kan menjadi seorang agen asuransi? Namun, dengan kerja keras dan semangat yang tinggi, Anda pasti berhasil. Selamat berjuang! (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *