oli mobil

Ini Bahan Dasar Pembuatan Oli untuk Motor!

Agar performa sepeda motor tetap terjaga tentu dibutuhkan oli. Oli berperan penting dalam melumasi komponen mesin pada sepeda motor. Tanpa oli, tentu saja bisa mengganggu kinerja dari komponen-komponen tersebut. Untuk itulah, jangan sampai mengabaikan penggunaan oli dan rutinlah selalu menggantinya, tapi ketika mengganti jangan terlalu banyak mengisi oli karena memberikan dampak buruk. Lantas, wajibkah mengganti oli motor ini? Yap, wajib, karena jika oli tidak diganti dikhawatirkan nanti malah bisa merusak performa mesin motor meski saat penggantiannya menggunakan oli motor matik terbaik atau oli manual sekalipun.

Nah, membahas tentang oli, tahukah Anda, ternyata oli terbuat dari beberapa bahan baku, loh. Apa saja? Mari, disimak pembahasannya!

  1. Oli mineral. Melansir dari suryamasgemilang, oli dengan bahan dasar mineral ini merupakan hasil turunan dari penyulingan fraksional minyak bumi. Oli ini terdiri atas dua unsur alam, yakni cyclic paraffin dan alkaline. Sebelum ditemukannya oli sintetik, oli mineral ini dulunya sempat mendominasi pasar, namun kini pemakaiannya sudah berkurang meski masih ada beberapa kendaraan yang membutuhkan oli satu ini.
  2. Oli sintetik. Berbeda dengan oli mineral, oli sintetik terbuat dari formula terbaru, yakni polyalphaolifins (senyawa terbersih dari oli mineral yaitu gas dan dikembangkan pertama kali oleh Dr. Hermann Zorn dari IG Farben, Jerman & Dr. WA Zisman dari Naval Research Labarotory, Amerika Serikat). Oli sintetik ini pun pertama kali muncul di negara Amerika Serikat menggunakan bahan polyolefin. Namun, seiring perkembangan teknologi, bahan dasar pembuatan oli ini pun mengalami perubahan dan terdiri dari beragam jenis seperti benzena alkilasi, nafalena, ester, sintetis non-PAO, polyglycos, hingga poliester. (source: suryamasgemilang)
  3. Oli semi sintetik. Bisa dikatakan, oli semi sintetik ini lebih baik daripada oli mineral karena bisa menahan panas, membantu mendinginkan mesin motor, dan mengandung detergen yang bisa menjaga mesin tetap bersih. Oli jenis ini terbuat dari beberapa campuran yaitu mineral yang dicampurkan dengan bahan sintetik. Kombinasi inilah yang membuat kenapa oli semi sintetik ini lebih bagus dibanding oli mineral.

Itulah deretan bahan dasar pembuatan oli yang wajib diketahui. So, Anda menggunakan oli yang mana nih untuk motor kesayangan? –SH–

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *