Samakah Oli Untuk Mobil Tua dengan Mobil Sekarang?

Oli merupakan salah satu hal yang vital bagi kendaraan. Itulah sebabnya, banyak orang yang berusaha menggunakan oli terbaik sesuai dengan budget untuk kendaraannya. Bagi beberapa pemilik kendaraan, mereka bahkan tidak mau melakukan ganti oli sendiri karena takut melakukan kesalahan. Biasanya, mereka akan menggantinya di bengkel resmi yang juga jual oli mobil. Dengan begitu, penggantian oli akan dilakukan oleh profesional dan pastinya aman dari risiko kesalahan.mobil tua

Lalu bagaimana jika mobil yang Anda miliki adalah mobil tua? Apakah oli yang digunakan sama?

Sebenarnya, baik mobil lama ataupun baru membutuhkan oli yang sesuai dengan kebutuhannya. Untuk mengetahuinya, Anda bisa melihatnya di buku manual mobil Anda. Hanya saja, untuk mobil yang berusia sudah sangat lama, sudah mulai ada perubahan pada kondisi mobilnya. Seperti dilansir dari situs oto.detik.com, kerapatan antar mesin pada mobil yang sudah tua biasanya mulai membesar. Artinya, dibutuhkan sesuatu untuk mengisi gap tersebut. Inilah salah satu alasan mengapa mobil tua membutuhkan oli yang lebih kental jika dibandingkan dengan mobil baru.

Untuk Anda yang memiliki mobil keluaran tahun 2000, bisa coba menggunakan oli 20W-50 terlebih dahulu. Sebab mobil dengan usia tersebut mesinnya sudah mulai merenggang. Akan tetapi, jika Anda mulai merasakan mobil kurang nyaman dikendarai dan mesinnya sudah mulai berisik, maka Anda bisa menggantinya dengan oli 10W-      60 yang memiliki tingkat kekentalan lebih tinggi.

Bagaimana jika mobil tua menggunakan oli yang cukup cair?

Tentunya hal ini akan berefek pada mesin kendaraan. Sebab kerenggangan antar mesin ini tidak terisi gesekan yang terjadi akan semakin kasar. Akibatnya, tarikan mobil akan terasa kasar dan bisa berdampak pada keawetan mesin jika terjadi secara terus menerus. Oli yang bersifat cair hanya cocok untuk digunakan pada mobil keluaran sekarang atau berusia kurang dari 10 tahun. Tujuannya untuk membuat tarikan mobil terasa lebih ringan karena mampu menyerap dengan sempurna.

Bagaimana dengan mobil Anda? Oli mana yang sesuai untuk mobil kesayangan Anda? Pastikan untuk memilih yang tepat ya, supaya tarikan mobil terasa ringan dan mesin menjadi semakin awet. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *