Pahami Istilah Bancassurance Sebelum Membeli

Pernahkah Anda mendengar istilah bancassurance? Memang istilah ini tidak seterkenal asuransi lainnya, seperti asuransi kesehatan rawat jalan, asuransi kesehatan syariah, asuransi jiwa, dan sebagainya. Atau bahkan istilah asuransi konvensional dan syariah. Namun jangan salah, ternyata mbancassuranceenurut data, bancassurance justru menjadi penyumbang pendapatan terbesar bagi perusahaan asuransi, loh! Bahkan bisa dikatakan, banyak perusahaan asuransi yang bertahan dan mendapatkan keuntungan akibat produk tersebut.

Kok bisa ya? Kalau begitu, pasti banyak yang pakai dong?

Yap, pengguna bancassurance ini memang sangat banyak jumlahnya. Bahkan mungkin, tanpa Anda sadari Anda juga menggunakannya. Nah, supaya tidak bingung lagi, yuk kita bahas apa sih bancassurance itu.

Bancassurance adalah asuransi yang ditawarkan oleh pihak Bank. Mengenai produk asuransi yang ditawarkan pada dasarnya sama dengan yang ditawarkan oleh agen asuransi biasa. Namun, biasanya hanya berkisar antara asuransi pendidikan, asuransi pensiun, atau asuransi jiwa. Lalu mengapa disebut bancassurance? Karena, produk asuransi ini menawarkan 2 manfaat sekaligus, yaitu:

  • Manfaat tabungan: Manfaat tabungan yang Anda dapatkan akan sesuai dengan produk tabungan yang Anda pilih
  • Manfaat asuransi: Anda akan mendapatkan manfaat perlindungan asuransi yang sama dengan jika Anda membeli asuransi dari agen asuransi.

Selain dua manfaat yang didapatkan, ada beberapa keuntungan lain yang didapatkan oleh pemegang polis jika mengikuti asuransi ini, antara lain:

  • Kemudahan pembayaran premi karena biasanya premi asuransi akan di auto debet dari tabungan Anda
  • Kemudahan mengajukan kredit karena ada jaminan asuransi jiwa yang Anda miliki sebagai pemegang polis jika suatu saat nanti Anda tidak lagi mampu memenuhi kewajiban Anda membayar hutang.
  • Proses pendaftaran asuransi berlangsung lebih cepat dan mudah. Anda hanya perlu mengisi formulir asuransi dengan data yang sebenarnya, kemudian polis asuransi Anda akan terbit tidak lama setelahnya.
  • Premi asuransi yang ditawarkan jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan asuransi yang dibeli dari agen asuransi.
  • Seringkali produk bancassurance akan memberikan hadiah langsung yang cukup menarik untuk para nasabah yang berminat.

Meskipun memiliki bancassurance sangat mudah dan praktis, ada baiknya jika Anda tetap mencari informasi sejelaas-jelasnya terlebih dahulu. Tujuannya agar Anda tidak merasa dirugikan nantinya. (Vita)

1 thought on “Pahami Istilah Bancassurance Sebelum Membeli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *