GERD

Makanan Pemicu Naiknya Asam Lambung

Naiknya asam lambung adalah kondisi di mana zat asam dalam lambung naik ke kerongkongan dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Situs kesehatan Halodoc mengatakan jika kondisi seperti ini umumnya meninggalkan sensasi terbakar di dada juga nyeri di ulu hati. Tingkat keparahan kondisi ini sering kali dikaitkan dengan pola makan dan gaya hidup penderitanya. Biarpun sudah punya asuransi rawat jalan yang akan meng-cover biaya perawatan kamu, mengetahui informasi berikut sebagai bentuk antipasti tidak masalah, loh.

 

  • Makanan tinggi lemak. Mengutip situs Healthline, makanan tinggi lemak—termasuk makanan yang digoreng—dapat meningkatkan kemungkinan asam lambung naik ke kerongkongan. Makanan-makanan seperti ini juga bisa menyebabkan penundaan proses pengosongan lambung. Oleh sebab itu, hindarilah makanan berlemak juga makanan yang digoreng, seperti kentang dan bawang bombay goreng, produk susu berlemak penuh (semacam mentega, susu murni, keju biasa, dan krim asam), potongan daging yang digoreng, es krim atau keripik kentang, serta makanan berminyak lainnya.
  • Tomat dan jeruk. Buah dan sayuran memang penting untuk pola makan yang sehat. Akan tetapi, pada beberapa orang kedua makanan ini justru bisa memicu naiknya asam lambung; terutama untuk buah-buahan yang sangat asam. Beberapa contoh buah dan sayuran yang dimaksud adalah jeruk, jeruk bali, lemon, jeruk nipis, nanas, tomat, saus tomat atau makanan dengan saus tomat, juga cabai.
  • Kafein. Menurut situs Healthline, orang-orang yang sudah cukup sering mengalami kenaikan asam lambung tahu jika mengonsumsi kafein bisa memicu kondisi ini dengan cepat. Terang saja, pasalnya kafein merupakan salah satu pemicu utama naiknya asam lambung.
  • Cokelat. Dilansir dari Halodoc, cokelat pada umumnya memiliki kandungan kafein dan lemak yang cukup tinggi. Selain itu, cokelat juga mengandung stimulan lain seperti theobromine yang bisa menyebabkan naiknya asam lambung. Cokelat hitam atau cokelat murni memang tidak seburuk cokelat susu, akan tetapi, ada baiknya makanan ini dihindari jika mengalami kenaikan asam lambung, ya.
  • Bawang merah, bawang putih, dan makanan pedas. Untuk kategori ini memang tidak dialami oleh semua penderita asam lambung. Akan tetapi, mengonsumsi bawang merah atau putih dan makanan pedas dengan porsi yang cukup banyak bisa memicu naiknya asam lambung.

 

Itulah dia beberapa makanan pemicu naiknya asam lambung. Semoga setelah tahu informasi di atas kamu bisa menghindari untuk memakannya bila suatu waktu mengalami kondisi yang sama, ya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *