kloset duduk
Health

Kloset Jongkok dan Kloset Duduk, Mana yang Lebih Sehat?

Saat ini, banyak orang yang lebih memilih untuk memasang kloset duduk di rumah karena lebih nyaman digunakan. Setidaknya kaki tidak akan terasa pegal sekalipun harus berlama-lama di toilet. Namun, berbeda jika sedang di toilet umum. Sebagian besar orang lebih memilih kloset jongkok daripada yang duduk. Alasannya adalah masalah kehigienisan. Apalagi jika kondisi toilet umum terlihat kotor dan tidak terawat, membayangkan harus bersentuhan langsung dengan kloset pasti akan terasa tidak nyaman.kloset duduk

Namun, jika dilihat dari segi kesehatan, sebenarnya mana sih kloset yang lebih baik? Apakah kloset jongkok ataukah kloset duduk? Berikut ini jawabannya berdasarkan situs alodokter.

Menurut situs tersebut, berdasarkan dari penelitian yang pernah dilakukan, ternyata kloset jongkok dianggap lebih menyehatkan dibandingkan dengan kloset duduk. Penelitian tersebut dipublikasikan pada tahun 2003 dan melibatkan 28 relawan berusia antara 17 hingga 66 tahun. Peneliti meminta kepada relawan untuk buang air besar bersama-sama pada 3 jenis toilet berbeda, yaitu toilet dengan kloset duduk (tinggi sekitar 41-42 cm), toilet dengan kloset duduk dengan tinggi yang lebih rendah (tinggi 31-32 cm), dan toilet dengan kloset jongkok. Hasilnya menunjukkan bahwa relawan yang menggunakan kloset duduk membutuhkan waktu lebih lama dan tenaga yang lebih besar saat mengejan.

Mungkin penelitian tersebut terdengar sederhana, tetapi ternyata ada penjelasan ilmiah dari hasil penelitian tersebut. Masih bersumber dari alodokter, dijelaskan pula mengapa kloset jongkok lebih sehat, dan berikut ini adalah penjelasannya.

Pada saat posisi berdiri, usus besar yang merupakan tempat penyimpanan limbah ditekan ke atas oleh otot puborectalis. Tujuannya adalah agar feses tidak keluar hingga waktunya memang harus dikeluarkan. Ketika menggunakan kloset duduk, maka otot yang tidak menekan hanya sebagian, berbeda jika menggunakan kloset jongkok di mana otot puborectalis tidak akan bekerja secara penuh sehingga membuat usus dan anus menjadi lurus dan mempermudah pengeluaran feses. Itulah sebabnya, untuk beberapa orang yang memiliki masalah pada organ ususnya.

Namun, bagi Anda yang memiliki masalah pada keseimbangan mungkin perlu mempertimbangkan lagi untuk menggunakan kloset jongkok. Untuk membantu proses buang air besar agar lebih lancar, Anda bisa memasang bangku kecil pada bagian depan kloset agar posisi kaki lebih tinggi dari anus. Hal ini akan membuat posisi Anda mirip seperti jongkok tetapi lebih aman.

Selain itu, pastikan juga agar Anda selalu menjaga kebersihan kamar mandi dengan menerapkan cara mudah bersihkan kamar mandi di rumah. Sebab, kloset apapun yang digunakan tetap saja tidak sehat jika kondisi kebersihan kamar mandi diabaikan. Bahkan, risiko penyakit yang menyerang Anda bisa jauh lebih beragam nantinya. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *