Polis Asuransi

Prosedur Membeli Asuransi Secara Online yang Aman

Membeli asuransi saat ini bukan lagi hal yang rumit. Bahkan, kamu tidak perlu repot membuat janji bertemu dengan agen asuransi untuk pengisian formulir dan sebagainya, karena kamu bisa beli asuransi online.

Ya, teknologi internet memang memudahkan semua urusan. Saat ini banyak yang memanfaatkan teknologi internet sebagai langkah liburan aman di tengah pandemi dan masih banyak aktivitas lain yang mulai diubah secara online, termasuk untuk pembelian asuransi. Namun, masih banyak orang yang takut untuk melakukannya. Apalagi saat membeli asuransi pastinya kamu akan diminta untuk mengisi berbagai informasi mengenai data diri.

Untuk kamu yang saat ini masih merasa ragu, jangan khawatir. Artikel ini akan memberikan tips aman membeli asuransi secara online, yaitu:

  • Pilih asuransi terpercaya

Langkah pertama yang harus kamu lakukan sudah jelas, tentukan terlebih dahulu perusahaan asuransi yang ingin kamu pilih. Memang untuk asuransi dasar seperti asuransi kesehatan, perjalanan, jiwa, dan kecelakaan hampir semua perusahaan asuransi memilikinya dan hal yang ditanggung umumnya mirip.

Namun, setiap perusahaan asuransi masih mungkin memiliki perbedaan kebijakan, perhitungan pertanggungan, pengecualian, dan sebagainya. Jadi, pastikan perusahaan asuransi yang kamu pilih sesuai dengan kebutuhanmu, serta memiliki profesionalisme kerja yang baik sehingga dapat dipercaya.

  • Perhatikan alamat situs

Nah, ini merupakan hal yang sangat penting tetapi terkadang kurang diperhatikan oleh para pengguna internet. Para pelaku cyber crime umumnya menipu dengan menggunakan url atau alamat situs yang mirip dengan aslinya. Biasanya hanya dibedakan 1 huruf, terutama jika alamatsitus mengandung huruf “I”, di mana double pada huruf tersebut sering tidak disadari oleh netizen.

Tidak hanya alamat situs yang mirip, user interface pada halaman situs tersebut juga dibuat semirip mungkin dengan aslinya sehingga banyak orang yang tidak menyadarinya. Akibatnya, ketika kamu mengisikan data pribadimu ke dalamnya, mereka akan bisa mengambil seluruh data tersebut. Itulah sebabnya, perhatikan baik-baik alamat situs sebelum melakukan aksi apapun, baik login maupun mengisi formulir.

  • Pengisian informasi

Takut proses klaim bermasalah jika membeli asuransi secara online? Jangan khawatir karena sebenarnya, baik online maupun melalui agen, semua fasilitas yang kamu terima tetaplah sama. Dari mulai hal yang diklaim, nilai pertanggungan, dan sebagainya.

Namun, pastikan kamu sudah mengisi data secara detail dan benar. Meskipun data yang diisi tidak sedetail dan serumit jika kamu membeli dari agen, tetapi bukan berarti kamu bisa sembarangan saja mengisinya. Sebab, meskipun hanya satu saja data yang salah, polismu bisa dinyatakan tidak sah dan kamu tidak akan bisa mengajukan klaim. Jadi pastikan untuk berhati-hati ya!

Semoga dengan memerhatikan hal di atas kamu bisa mendapatkan asuransi yang sesuai dengan kebutuhanmu dan aman ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *