Rumah terbakar

Melindungi Rumah Saat Ditinggal Cukup Lama

Rumah memang sebuah aset berukuran besar sehingga tidak akan mungkin pernah hilang meskipun kamu meninggalkannya dalam waktu lama. Namun bukan berarti kamu bisa meninggalkannya begitu saja tanpa berusaha untuk melindunginya. Bahkan meskipun kamu sudah menggunakan asuransi kebakaran sekalipun kamu harus tetap berusaha melindungi rumahmu. Sebab, ada banyak sekali barang berharga di rumah yang harus kamu lindungi dari tangan-tangan nakal.

Bagaimana sajakah caranya? Berikut ini beberapa di antaranya:

  1. Gunakan CCTV

CCTV dapat membantumu untuk melakukan pengawasan pada rumah selama kamu pergi. Apalagi jika CCTV yang kamu gunakan sudah dilengkapi dengan beragam teknologi lainnya, seperti alarm atau peringatan yang diberikan pada smartphonemu saat terdeteksi adanya orang tak dikenal. Dengan begitu kamu bisa segera mengambil tindakan untuk melindungi rumah. Seperti menghubungi tetangga, dan sebagainya.

  1. Kosongkan kulkas

Apa hubungannya kulkas dengan keamanan rumah? Tujuannya adalah agar jika suatu saat ditemukan adanya ketidakberesan pada listrik rumah, kamu bisa meminta bantuan tetangga untuk mematikan listrik dari pusatnya. Jika kulkasmu penuh dengan isi, maka dijamin semua makanan yang disimpan akan membusuk dan kamu harus bekerja keras membersihkannya. Tetapi jika sudah kosong, kamu bisa melakukan pengamanan tersebut dengan tenang.

  1. Cabut regulator gas

Meskipun saat kamu tinggalkan gas kompormu terlihat baik-baik saja, tetapi untuk lebih amannya kamu sebaiknya melepaskan regulator gas. Sebab kebocoran gas meskipun hanya sedikit dapat menyebabkan terjadinya kebakaran ketika terkena sumber panas. Tidak hanya itu, udara beracun dari kebocoran gas juga pastinya aakan sangat berbahaya jika sampai terhirup saat kamu pulang nanti.

  1. Gunakan lampu sensor cahaya

Agar tidak terlalu memperlihatkan bahwa rumahmu sedang kosong, gunakan sensor cahaya pada lampu rumah terutama bagian teras atau halaman. Kamu bisa menggunakan lampu yang sudah dilengkapi sensor cahaya, atau memasang alat tambahan sebagai sensor cahaya pada lampu tersebut. Dengan begitu rumahmu akan tetap terlihat terang saat malam hari tetapi lampu otomatis mati saat pagi hingga petang.

Bagaimana, tidak sulit kan melakukannya? Semoga bermanfaat dan rumahmu selalu aman ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *