memanaskan mobil
Otomotif

Memanaskan Mobil Terlalu Lama, Bolehkah?

Memanaskan mobil menjadi hal yang umum dilakukan pemilik mobil. Ada yang melakukannya setiap hari, seminggu 2 kali, atau mungkin seminggu sekali. Hal ini dianggap penting karena dapat mencegah kerusakan beberapa komponen mesin. Yah, walaupun mobil sudah dilindungi asuransi kendaraan yang akan menanggung biaya perbaikan, bukan berarti kamu jadi tidak merawat mobil secara maksimal, kan?

Namun tahukah kamu bahwa memanaskan mobil terlalu lama ternyata justru bisa merusak mesin? Tidak hanya itu saja, ada juga beberapa dampak lain yang bisa terjadi pada mobil kesayanganmu, di antaranya:

  • Overheat

Ketika mobil dinyalakan dan mesin mulai bekerja, maka suhu mesin akan semakin meningkat. Sebenarnya mobil sudah memiliki teknologi pendingin untuk menjaga agar suhu mesin tetap stabil meskipun mesin menyala. Namun ketika mobil dipanaskan terlalu lama, maka risiko mesin mengalami overheat akan semakin meningkat.

  • Polusi udara

Setiap kali mesin mobil dinyalakan, pasti akan ada gas emisi yang keluar. Bahkan walaupun knalpot terlihat tidak mengeluarkan asap sekalipun, bukan berarti tidak ada gas emisi yang keluar. Semakin lama kamu memanaskan mobil, maka akan semakin banyak pula sumbangan polusi udara yang kamu berikan pada bumi.

  • Boros bahan bakar

Meskipun dalam kondisi diam, mesin tetap saja menggunakan bahan bakar untuk dapat melakukan pembakaran. Mungkin jumlahnya tidak sebanyak saat mobil benar-benar dijalankan. Meskipun begitu, tetap saja ada bahan bakar yang terbuang percuma.

Namun, sebelum memutuskan untuk tidak memanaskan mobilmu sebelum digunakan, kamu harus tahu dulu mobil seperti apa yang tidak perlu dipanaskan, di antaranya:

  1. Mobil yang digunakan setiap hari secara aktif. Sebab jika mobil lama tidak digunakan, maka ada kemungkinan bahan bakar akan mengental dan perlu dipanaskan agar kembali cair. Selain itu, oli juga sudah menyusut sehingga perlu proses memanaskan agar oli kembali siap bekerja melapisi komponen mesin.
  2. Mobil yang sudah menerapkan teknologi injeksi dan memenuhi syarat emisi minimal Euro 2. Sebab mesin mobil ini sudah dilengkapi dengan berbagai teknologi terbaru sehingga memanaskan mobil justru tidak lagi dianjurkan.

Nah, setelah mengetahuinya sekarang kamu bisa segera cek mobilmu apakah memenuhi kedua syarat di atas. Jika iya, maka kamu bebas dari tugas memanaskan mobil sebelum digunakan. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *