mino washi
Bussiness,  Travel

Mino Washi, Oleh – Oleh Khas Gifu

Selain Tokyo, Osaka dan Kyoto, anda bisa mengunjungi perfektur lain yang tak kalah menarik selama anda berada di Jepang, salah satunya adalah perfektur Gifu. Meski jarang ditemu pada paket tour ke Jepang namun anda masih tetap bisa menikmati perfektur tersebut. Salah satu oleh – oleh terkenal dari perfektur ini adalah Mino Washi. Lantas apakah Mino Washi itu?mino washi

Mino Washi adalah sejenis kertas yang berasal dari Jepang dan dibuat di perfektur Gifu dan sejak tahun 1985, Mino Washi ditetapkan sebagai salah satu kerajinan tangan tradisional oleh kementerian ekonomi pemerintah Jepang. Mino Washi sendiri merupakan kertas yang dibuat pada abad ke 8 pada perioder Nara. Beberapa kertas dari periode tersebut masih terjaga dan tersimpan engan aman di kota Nara, perfektur Nara. Pada periode Heian, para pejabat disebar ke penjuru negeri termasuk ke Nara ketika peraturan mengenai ukuran serta warna dari standar kertas diadakan.

Pada awalnya Mino Washi ini tidak dikenal dan hampir tidak pernah digunakan, namun ketika perang Onin berlangsung, Mino Washi yang memiliki biaya produksi rendah menjadi pilihan yang terbaik dan digunakan secara luas. Selain itu penggunaan kertas ini juga disebarluaskan oleh klan Toki yang memegang provinsi Mino, untuk kemudian digunakan oleh para biarawan di Jepang dan akhirnya dijual di pasar bebas.

Pada jaman Edo, penyebaran perdagangan Mino washi ini pun semakin meluas sehingga produksi nya pun bertambah tinggi dan pada akhirnya Mino washi menjadi jenis kertas yang terkenal di Jepang. Pada tahun 2014, kertas ini dimasukkan ke dalam “intangible cultural heritage” oleh UNSECO.

Penggunaan Mino washi ini tidak terbatas hanya pada kegiatan tulis menulis saja, atau dalam penggunaan kaligrafi saja, melainkan juga digunakan sebagai kertas untuk lentera, paying, dan kipas tangan. Ketiga item tersebut adalah beberapa jenis oleh – oleh dari Mino washi yang sering dibeli oleh wisatawan untuk dibawa kembali ke negara asal mereka. Jika anda tertarik untuk melanjutkan mengelilingi perfektur Gifu, anda bisa mengunjungi beberapa lokasi seperti Shirakawago, Okuhida, Furukawa dan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *