perempuan dan otomotif
Otomotif

Hal Penting Tentang Otomotif yang Harus Diketahui Perempuan

Banyak perempuan yang menganggap bahwa otomotif adalah urusan laki-laki. Apalagi untuk masalah perawatan, sudah pasti ada yang mengurusnya. Tinggal bawa mobil ke bengkel maka mereka yang akan melakukan perawatan seperti ganti oli mesin, ganti spare part, dan sebagainya. Jadi, untuk apa mempelajarinya sendiri kalau sudah ada orang lain yang mengurusnya?

Nah, jika kamu juga berpikir begitu maka kamu salah besar, loh! Sebab ada beberapa hal tentang otomotif yang sebaiknya kamu ketahui sebagai seorang perempuan, antara lain:

  • Perbedaan transmisi

Ini sebaiknya kamu ketahui sebelum menentukan mobil yang akan kamu beli. Carilah informasi sebaik-baiknya mengenai perbedaan antara transmisi otomatis dan manual. Setelah mengetahuinya dan menentukan jenis transmisi yang diinginkan, barulah kamu cari merk dan jenis kendaraan yang ingin dibeli sesuai dengan budget kamu. Hal ini penting untuk mencegah adanya penyesalan setelah kamu membeli mobil tersebut.

  • Gejala masalah pada mobil

Sebelum mesin mengalami masalah yang parah, biasanya akan ada beberapa gejala terleih dahulu. Kamu harus belajar untuk peka terhadap beberapa gejala yang ditunjukkan mobil. Dengan begitu, kamu bisa segera mengatasinya sebelum kondisi kerusakkan mesin semakin parah dan membutuhkan perbaikan besar-besaran yang tentunya sangat mahal.

  • Pengecekan rutin

Jangan hanya tahu cara mengendarai mobil kesayanganmu saja, kamu juga harus tahu beberapa pengecekan rutin yang harus dilakukan sebelum berkendara. Apalagi beberapa pengecekan ini dapat mencegah kerusakan komponen mesin dan juga meningkatkan keselamatan dalam berkendara. Beberapa jenis pengecekan yang wajib untuk dilakukan yaitu pada komponen air radiator, oli mesin, oli rem, air wipper, aki, dan fungsi kipas pendingin.

  • Lokasi ban serep

Perempuan ganti ban mobil sendiri? Hmm, pastinya sulit dan belum tentu kamu bisa melakukannya. Memang, penggantian ban yang bermasalah dengan ban serep biasanya akan dilakukan oleh laki-laki, baik temanmu, keluarga, ataupun orang yang memang ingin menolongmu saat mengalami masalah di jalan. Namun ada baiknya jika kamu sudah mengetahui lokasi ban serep sehingga bisa segera memberitahukan pada orang yang menolongmu.

Semoga setelah membaca artikel ini, kamu jadi mulai mau untuk mempelajari beberapa hal mendasar tentang mobil kesayanganmu, ya! (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *