menyetir mobil
Otomotif

Suka Rem Mobil Secara Mendadak, Ini Dampaknya!

Saat sedang berkendara di jalan raya, pasti Anda pernah menghadapi situasi di mana ada pengemudi lain entah itu mobil pribadi maupun truk semen yang mengerem secara mendadak. Atau mungkin Anda sendiri pernah mengerem mobil secara tiba-tiba karena harus menghindari kendaraan yang berada di depan Anda. Selain tidak bagus untuk keselamatan berkendara, ternyata mengerem mobil secara mendadak bisa memberikan dampak buruk pada kendaraan, loh. Apa sajakah dampaknya? Yuk, simak langsung pembahasannya di bawah ini, check it out:

  1. Permukaan ban mobil menjadi licin. Melansir dari showroommobil, terjadinya pengereman secara mendadak memang dipengaruhi oleh banyak faktor misalkan menghindari kendaraan yang tiba-tiba berhenti, menghindari kendaraan lain yang datang dari arah berlawanan, hingga pengendara yang menyalip dan berhenti di tempat yang tidak semestinya. Namun demikian, usahakan untuk tidak terlalu sering melakukan hal ini karena akan berdampak pada menipisnya permukaan ban mobil. Jika ban mobil menipis, tentu bisa mempercepat kelicinan ban yang mana bisa mengganggu kinerja dari ban itu sendiri.
  2. Bearing roda mobil rusak. Tahukah Anda, ternyata mengerem mobil secara tiba-tiba bisa merusak komponen bearing roda mobil. Bearing roda sendiri merupakan komponen mobil yang berfungsi untuk menumpu bagian bantalan roda. Ketika terjadi pengereman mendadak, biasanya komponen ini akan menerima beban berat sehingga apabila hal ini dibiarkan bisa mengganggu kestabilan putaran roda.
  3. Kampas rem mobil lebih cepat aus. Dan fatalnya, mengerem mendadak bisa mempercepat keausan pada bagian kampas rem mobil. Ini terjadi karena saat mobil direm, komponen kampas rem pada mobil dipaksa untuk mencengkeram bagian piringan cakram di mana ini bisa meningkatkan suhu pada komponen mesin mobil. Hal inilah yang menjadi cikal-bakal mengapa kampas rem bisa aus ketika direm mendadak.
  4. Piston kaliper mobil bocor. Dampak lainnya yang ditimbulkan adalah membuat piston kaliper menjadi bocor. Tak hanya piston kaliper, kondisi ini pun bisa menyebabkan kebocoran pada bagian selang rem. Apabila kedua komponen ini bocor, tentu akan berdampak buruk pada kinerja mobil dan bisa menyebabkan kecelakaan.

Jadi, intinya jangan suka mengerem mobil secara mendadak, ya! –SH–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *