mencuci mesin mobil
Otomotif

Mencuci Mesin Mobil, Bolehkah Dilakukan?

Menjaga kebersihan mobil merupakan hal yang sangat penting. Ketika interior mobil kotor, pastinya akan membuatmu merasa tidak nyaman berada di dalamnya. Sementara itu, jika bagian eksterior yang kotor, pastinya akan membuatmu tidak nyaman melihatnya. Apalagi jikaakibat mobil kotor hingga menyebabkan baret pada permukaan mobil. Meskipun kamu bisa memanfaatkan asuransi mobil murah untuk biaya perbaikannya, tetap saja hal tersebut akan membuatmu tidak nyaman. Benar, kan?mencuci mesin mobil

Selain dari eksterior dan interior, masih ada bagian lain di mobil yang sering sekali kotor, yaitu mesin. Pertanyaannya, apakah bagian ini aman untuk dibersihkan?

Menurut Instruktur Service Training Department PT. Astra Daihatsu Motor, Aji Prima, dalam situs oto.detik.com, mesin mobil boleh dibersihkan aasal dilakukan dengan cara yang tepat. Untuk menentukan cara membersihkannya, pertama kamu harus memperhatikan terlebih dahulu jenis dan sistem yang digunakan oleh mobilmu.

Jika mobilmu termasuk mobil lama yang belum menggunakan sistem elektrikal, membersihkan mesin menggunakan steam atau disemprot dengan air masih tergolong aman. Namun untuk memastikan keamanannya, proses pengeringan harus sangat diperhatikan. Hal yang berbeda berlaku jika mobilmu sudah menggunakan sistem elektrikal pada seluruh bagiannya. Kamu sangat tidak disarankan untuk membersihkannya dengan menggunakan steam atau disemprot air.

Mengapa?

Sebab sistem ini sangat rentan mengalami konslet listrik. Ketika kamu mencuci mesin menggunakan air, ada kemungkinan air akan masuk dan membasahi berbagai komponen yang tidak boleh terkena air. Meskipun kamu mungkin sudah berusaha mengeringkannya, tidak menutup kemungkinan masih ada bagian yang tidak benar-benar kering. Hal ini akan semakin memperbesar kemungkinan terjadinya konslet dan menyebabkan mesin terbakar.

Lalu bagaimana cara mencucinya?

Kamu bisa melap permukaan mesin yang kotor dengan menggunakan lap kanebo yang telah dibasahi. Bersihkan seluruh permukaan dan kemudian keringkan dengan lap tersebut. Lakukan secara berulang hingga seluruh bagian mesin yang terlihat kotor sudah bersih. Namun jangan lupa, hindari melakukan ini setelah mobil digunakan, ya! Pastikan dulu mesin sudah benar-benar dingin agar kamu aman dari risiko cedera terkena mesin panas. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *