truk fuso

Jaga Kondisi Mesin Truk Tetap Stabil dengan Cara Ini

Truk bisa dibilang merupakan salah satu jenis kendaraan niaga yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat saat ini. Pasalnya, truk dapat mempermudah aktivitas berbisnis dan juga menunjang produktivitas harian Anda. Ditambah lagi, program cicilan truk canter dan truk jenis lainnya kini semakin terjangkau, sehingga bisa dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis.

Nah, mengingat harga truk tidaklah murah, sebagai pemilik truk tentu Anda harus merawat kondisinya semaksimal mungkin. Agar kondisi mesin truk tetap stabil ketika dipakai, berikut ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

  1. Perhatikan penggunaan gas. Ketika berkendara, biasakan untuk mengatur gas secara stabil dan perlahan. Hal ini dimaksudkan untuk membuat mesin lebih awet dan juga menghemat bahan bakar. Hindari mengoperasikan gas secara tiba-tiba karena justru dapat membahayakan.
  2. Selalu sesuaikan muatan dengan kapasitas. Tips lain yang perlu diperhatikan adalah selalu menyesuaikan muatan dengan kapasitas truk. Setiap truk sudah didesain secara khusus dan memiliki kapasitas masing-masing. Untuk itu, biasakan membawa muatan yang memang sesuai dengan kinerja truk. Membawa muatan melebihi kapasitas tak hanya membuat truk cepat rusak, tetapi juga membuat mesin bekerja lebih keras dan akhirnya cepat rusak.
  3. Pilih armada sesuai medan jalan. Masih berhubungan dengan poin di atas, setiap truk sudah didesain berdasarkan medan dan juga fungsinya. Untuk itu, jika Anda hendak melewati jalanan yang berlubang atau bahkan offroad, jangan lupa untuk memerhatikan pilihan armadanya. Ada truk yang dilengkapi dengan velg serta ban yang memang sesuai untuk melewati berbagai medan, jadi ada baiknya pilih yang sesuai medan serta kebutuhan.
  4. Perhatikan kampas rem. Kondisi muatan pada truk ternyata cukup berpengaruh juga pada kampas rem truk, terlebih jika Anda sering membawa muatan yang cukup berat. Oleh sebab itu, selalu perhatikan kondisi kampas rem dan ganti secara rutin.

Itu dia beberapa hal yang bisa dilakukan agar kondisi mesin truk tetap stabil ketika dipakai. Mengingat truk sangat memudahkan aktivitas bisnis Anda sehari-hari, jadi melakukan perawatannya pun tidak boleh setengah-setengah. Selain itu, truk juga terkadang harus diistirahatkan sesaan sebelum melanjutkan perjalanan demi menjaga kualitas ban. Sebab beban berat yang dibawa membuat ban menjadi lebih cepat panas.

Selama truk diistirahatkan, Anda atau pengemudi kendaraan niaga Anda juga bisa memanfaatkan momen ini untuk beristirahat. Baik di dalam truk maupun di luar. Namun jika memutuskan untuk meninggalkan truk, pastikan tidak meninggalkan beberapa benda di dalam mobil, seperti benda berharga maupun benda mudah terbakar demi keamanan.

Semoga bermanfaat!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *