radiator
Otomotif

Mudah, Perawatan Radiator Ini Wajib Dilakukan

Mobil merupakan sebuah kendaraan yang membutuhkan banyak perawatan dan perhatian karena banyaknya komponen penting yang terdapat di dalamnya. Mengganti oli samping terbaik merupakan salah satu bentuk dari perawatan yang perlu dilakukan secara rutin memang, namun tidak itu saja. Merawat radiator mobil juga merupakan salah satu hal yang perlu dilakukan selain penggantian oli secara rutin. Hal tersebut dikarenakan radiator merupakan salah satu komponen utama dalam sistem pendinginan. Sistem pendingin suhu mesin mobil pada dasarnya didukung oleh tiga hal berikut ini; cairan pendingin, minyak pelumas, dan udara. Radiator itu sendiri berfungsi sebagai tempat cairan didinginkan dan sebagai penampung yang utama. Sebabnya, kondisi radiator ini harus selalu benar-benar terjaga dan terawat secara baik. Namun jika Anda masih belum paham betul perihal radiator mobil, berikut adalah beberapa cara yang tepat untuk merawat radiator mobil yang wajib dilakukan.

  1. Perhatikan volume air pada radiator

Temperatur mesin yang meningkat sangat drastis atau biasa disebut dengan overheat ini dikarenakan urangnya volume air yang berdampak pada tekanan pada tutup radiator dan memberikan tekanan pada radiator. Dengan tekanan ini, sistem radiator akan menimbulkan terjadinya vakum. Nah maka dari itu, Anda disarankan untuk mengetahui batas aman volume air pada radiator adalah di tengah-tengah indikator full dan low.

  1. Bersihkan tangki radiator secara rutin

Membersihkan tangki radiator juga merupakan salah satu perawatan radiator agar selalu dalam keadaan bersih. Dengan menguras, tangki akan terhindar dari korosi pada komponen-komponen yang berasal dari logam. Untuk menguras tangki, Anda dapat melakukannya minimal 2 minggu sekali.

  1. Hindari penggunaan air keran

Air keran memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi dan dapat berdampak pada terjadinya korosi tangki radiator mobil. Anda juga perlu mengetahui bahwa air radiator tidak hanya berfungsi sebagai pendingin mesin namun sebagai pencegah terjadinya karatan pada saluran air radiator.

  1. Jangan lupa tutup radiator

Setelah melakukan pengecekan dan pembersihan, jangan lupa untuk menutup kembali saluran radiator karena penutup radiator ini merupakan komponen penting yang menjaga sistem kerja yang baik pada radiator. Pastikan juga tutup radiator ini rapat.

 

Itulah beberapa cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk menjaga dan merawat radiator. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *