Memakai Lotion Juga Ada Aturannya, Loh!

Lotion merupakan salah satu produk perawatan kulit yang dipakai oleh pria maupun wanita. Biasanya digunakan secara rutin setiap hari terutama bagi Anda yang memiliki kulit kering. Jenis lotion yang digunakan juga cukup beragam, ada yang menggunakan lotion susu kambing yang dipercaya ampuh dalam menyembuhkan eksim secara alami maupun lotion dari bahan dasar lainnya. Apapun lotion yang dipilih tujuannya adalah sama, yaitu untuk merawat kesehatan kulit dan membuatnya terlihat lebih cerah.lotion

Namun, tahukah Anda bahwa ternyata memakai lotion juga ada aturannya? Sebab, kesalahan dalam penggunaan lotion membuat Anda tidak bisa merasakan manfaatnya dan justru dapat berisiko merusak kulit. Nah, supaya Anda tidak mengalaminya, yuk ketahui aturan dalam menggunakan produk kecantikan ini!

  1. Gunakan lotion secara merata ke seluruh bagian tubuh, jangan hanya bagian yang terlihat atau terkena matahari dan udara saja. Sebab, penggunaan yang tidak merata ini akan membuat warna kulit Anda tidak merata. Selain itu, bagian tubuh tertutup yang tidak pernah menggunakan lotion akan menjadi kering.
  2. Banyak orang yang menggunakan lotion beberapa saat setelah mandi. Padahal, penggunaan lotion sebaiknya dilakukan secepatnya setelah Anda selesai mandi, ketika kulit masih cukup lembap. Hal ini akan membuat kelembapan kulit semakin terjaga karena lotion berfungsi sebagai pengunci yang menahan kelembapan kulit alami supaya tidak menguap.
  3. Menggunakan lotion cukup satu kali usap tanpa perlu menambahnya terus-menerus agar kelembapan yang didapatkan maksimal, karena caara tersebut tidak akan berguna. Bahkan, bisa jadi kulit Anda berisiko mengalami iritasi akibat penggunaan yang berlebihan. Namun, bukan berarti Anda menggunakannya dalam jumlah yang terlalu sedikit juga ya!
  4. Menggunakan lotion hanya sesekali saja tidak akan membuat hasilnya efektif. Sebaiknya, gunakan lotion secara rutin setiap hari terutama saat usia Anda semakin bertambah. Sebab, bertambahnya usia akan membuat kelembapan kulit semakin berkurang sehingga dibutuhkan lotion untuk menjaganya.
  5. Ingatlah bahwa jenis kulit yang berbeda akan membutuhkan jenis lotion yang berbeda. Anda boleh saja memilih lotion yang memiliki aroma kesukaan Anda, tetapi perhatikan juga kandungan di dalamnya dan manfaat dari kandungan tersebut. Pastikan Anda memilih jenis lotion yang sesuai dengan kulit Anda agar terhindar dari risiko iritasi.

Selain dari kelima aturan tersebut, Anda juga sebaiknya menghindari penggunaan lotion tubuh untuk wajah Anda karena dapat memicu munculnya iritasi. Namun, Anda boleh menggunakan jenis lotion yang berbeda untuk area tubuh yang berbeda. Misalnya, pada area yang sangat kering Anda bisa menggunakan lotion dengan pelembap yang cukup tinggi. Nah, setelah mengetahui beberapa aturannya, semoga Anda tidak salah lagi dalam menggunakannya, ya! (Vita)

1 thought on “Memakai Lotion Juga Ada Aturannya, Loh!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *