Manfaat dan Dampak Penggunaan Minyak Bumi

Minyak bumi merupakan salah satu sumber daya alam (SDA) yang sangat dibutuhkan oleh manusia di manapun. Tanpa adanya SDA ini maka kehidupan manusia akan sangat terganggu, karena tidak ada lagi BBM untuk mengisi kendaraan dan perusahaan yang bisa melakukan transaksi jual solar industri. Tentunya hal ini akan berdampak juga pada kegiatan ekonomi dari suatu negara.minyak bumi

Begitu besarnya peran minyak bumi dalam kehidupan tentunya tidak lepas dari manfaat SDA ini, antara lain menurut situs direktoritraining.com yaitu:

  • Sebagai bahan bakar

Setelah melalui tahapan pengolahan yang cukup panjang, minyak bumi menjadi berbagai produk lain yang bermanfaat sebagai bahan bakar yang memiliki banyak jenis seperti BBM atau bahan bakar minyak yang digunakan pada kendaraan, solar yang digunakan sebagai bahan bakar untuk mesin industri, minyak tanah, dan gas elpiji yang umum digunakan dalam rumah tangga.

  • Bahan baku industri

Selain diolah menjadi bahan bakar, ternyata minyak bumi juga berguna sebagai bahan baku beberapa produk yang umum kita gunakan. Bahkan bisa dikatakan hampir seluruh produk yang kita gunakan dalam keseharian memanfaatkan minyak bumi sebagai bahan bakunya. Tentunya, setelah melalui berbagai pengolahan dan juga penambahan dengan bahan baku lainnya. Beberapa di antaranya yaitu kertas, plastik, pupuk, dan sebagainya.

Namun, di balik semua manfaatnya dalam kehidupan manusia, ternyata minyak bumi menyimpan beberapa dampak yang cukup buruk terutama untuk lingkungan, antara lain:

  • Pencemaran air

Pernahkah Anda mendengar berita mengenai laut yang tercemar akibat bocornya kilang minyak? Yap, hal ini memang sangat mungkin terjadi mengingat cukup banyak kilang minyak yang berlokasi di atas laut. Sehingga ketika terjadi kebocoran akan sangat berbahaya bagi laut dan biota di dalamnya. Terlebih lagi, proses untuk pembersihan laut dari cairan minyak mentah ini cukup sulit dan membutuhkan waktu yang cukup lama.

  • Pencemaran udara

Tidak hanya produk minyak bumi mentah saja yang dapat menyebabkan pencemaran, tetapi juga hasil dari produknya saat dimanfaatkan oleh manusia. Misalnya saja seperti asap kendaraan atau asap yang keluar dari hasil pembuangan di sebuah pabrik industri. Meskipun saat ini tengah diusahakan untuk menciptakan berbagai teknologi agar asap hasil pembakaran lebih ramah lingkungan, tetap belum bisa benar-benar membuat masalah polusi atau pencemaran udara selesai.

Selain dari manfaat dan dampak, ada satu hal yang perlu kita ingat mengenai minyak bumi ini, yaitu minyak bumi adalah SDA yang tidak dapat diperbaharui. Sebab, membutuhkan waktu yang sangat lama bahkan mencapai jutaan tahun untuk bisa menghasilkan minyak bumi. Jika kita memanfaatkan minyak bumi secara sesuka hati tanpa memikirkan hal ini, maka bukan tidak mungkin, suatu hari minyak bumi ini benar-benar habis tanpa sisa. Jadi, ada baiknya jika Anda memanfaatkan minyak bumi dan produk hasil olahannya secara bijak! (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *