pergi dari rumah

Amankan Rumah yang Sering Kosong Dengan Cara Ini

Ada banyak hal yang bisa mengancam keamanan rumah Anda, terutama jika rumah sering ditinggal di siang hari. Misalnya untuk Anda yang semua anggota keluarganya bekerja pada siang hari sehingga hanya bisa mengawasi kondisi rumah melalui CCTV tanpa kabel murah terbaik yang terhubung dengan ponsel Anda. Sebab, ketika rumah kosong dan Anda hanya bisa mengawasi dari jauh, kemampuan Anda dalam mengatasi masalah yang muncul di rumah tentunya akan terbatas.

Lalu, bagaimana ya cara mengamankan rumah yang sering kosong di siang hari? Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Memastikan listrik dan gas aman

Sebelum pergi meninggalkan rumah, pastikan tidak ada listrik yang menyala kecuali pada bagian yang memang dibutuhkan, seperti kulkas. Begitu pula dengan gas, pastikan bahwa kompor sudah tidak menyala dan tidak ada kebocoran pada gas. Meskipun instalasi listrik Anda sudah menggunakan fitur yang akan mati otomatis saat terjadi konsleting, bukan berarti Anda jadi bisa mengabaikan hal tersebut.

  • Mengunci pintu

Banyak rumah yang memiliki lebih dari satu pintu sebagai akses masuk. Sebelum Anda pergi, pastikan bahwa semua pintu yang ada sudah terkunci dengan benar. Sebab terkadang, pintu yang jarang digunakan sering terlupa untuk dilakukan pengecekan.

  • Menggunakan lampu dengan sensor

Untuk Anda yang pergi dari sejak pagi ketika matahari belum keluar dan pulang saat malam hari, sangat disarankan untuk menggunakan lampu dengan sensor cahaya. Sebab, lampu ini akan mati otomatis saat sudah terang dan menyala kembali saat hari sudah sore atau ketika mendung. Dengan begitu rumah tidak akan terlihat selalu kosong.

  • Menggunakan kamera pengawas dengan berbagai fitur

Kamera pengawas yang hanya bisa mengawasi saja tidak terlalu efektif dalam mengamankan rumah Anda. Ada baiknya jika Andda memilih smart CCTV atau smart IP Camera. Kamera pengawas yang bersifat smart ini tidak hanya dapat membantu mengawasi rumah Anda saja, tetapi juga memberikan peringatan saat ada hal yang mencurigakan di rumah Anda. Bahkan, ada juga kamera pengawas yang bisa memberikan pesan peringatan dari jarak jauh.

Cara di atas cukup efektif membantu Anda mengamankan rumah. Namun jangan lupa, tidak ada cara apapun yang bisa benar-benar 100% mengamankan rumah Anda. Jadi, jangan lupa untuk berdoa sebelum meninggalkan rumah Anda agar rumah selalu aman saat kosong. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *