Kelebihan Kekurangan Menggunakan Pintu Sliding di Rumah

Cukup banyak rumah yang menggunakan model pintu sliding untuk beberapa ruangannya. Bahkan, ada juga beberapa rumah yang menggunakan model ini untuk seluruh ruangan, termasuk pintu utamanya. Terkadang ada yang menggunakan 4 jenis pintu geser untuk diaplikasikan di rumah agar bisa memberikan kesan berbeda pada setiap ruangan. Apalagi untuk rumah yang mengambil konsep suasana asia, seperti Jepang. Menggunakan pintu dengan model seperti ini tentulah menjadi pilihan agar konsep yang diinginkan dapat tercipta secara maksimal.pintu sliding

Sementara itu, untuk rumah tanpa konsep tersebut, pemilihan model pintu sliding biasanya didasarkan pada kelebihan yang dimiliki, antara lain:

  • Menghemat tempat

Pintu sliding dibuka dengan cara digeser ke samping, sehingga tidak membutuhkan banyak tempat untuk membukanya. Sehingga Anda bisa memaksimalkan tempat kosong yang ada di sekitar pintu untuk nmeletakkan sesuatu.

  • Memberi kesan luas

Meskipun pintu dalam keadaan terbuka sekalipun, tidak akan memakan banyak ruang. Bahkan, saat Anda membuka pintu hingga maksimal, ruangan Anda bisa menjadi terlihat lebih luas. Apalagi untuk ruang keluarga yang berbatasan dengan halaman, menggunakan pintu sliding yang terbuat dari kaca akan membuat ruangan terlihat semakin luas.

Meskipun begitu, model pintu ini juga memiliki kelemahan yaitu pada sistem penguncian dan roda penggesernya. Sistem penguncian pada pintu dengan model seperti ini cenderung lebih mudah rusak dibandingkan dengan pintu dengan model biasa. Apalagi jika pintu sering mengalami benturan pada sisi pintu yang terdapat sistem penguncian. Biasanya kerusakan yang terjadi yaitu pengait yang berfungsi mengunci pintu mengalami longgar sehingga tidak lagi berfungsi sempurna.

Selain masalah kunci, pintu model ini juga sering mengalami masalah pada roda penggesernya. Pada pintu sliding, roda dan rel merupakan bagian yang sangat penting untuk sistem kerja pintu ini. Ketika roda ataupun rel mengalami masalah dan tidak bisa bekerja sempurna, maka pintu akan menjadi sulit dibuka. Beberapa masalah yang cukup sering terjadi yaitu:

  • Roda keluar dari rel
  • Roda patah
  • Rel kotor
  • Rel atau roda berkarat

Untuk menjaga agar pintu sliding menjadi lebih awet dan tidak mudah rusak, ada baiknya jika Anda memperhatikan perawatan dan kebersihan roda maupun rel secara berkala. Selain itu, buka dan tutup pintu sliding secara perlahan juga sangat penting dilakukan untuk menjaga agar pintu menjadi lebih awet. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *