teknologi untuk perusahaaan
Technology

Ini Dampak Perkembangan Teknologi Pada Perusahaan

Teknologi terus saja berkembang dari waktu ke waktu. Hal paling sederhananya saja bisa Anda lihat pada perkembangan ponsel. Jika dulu ponsel hanya bisa digunakan untuk menelpon dan mengirim pesan singkat, saat ini fungsi semakin beragam. Begitu pula dengan teknologi yang digunakan oleh perusahaan. Dulu perusahaan mengerjakan segala sesuatunya secara manual, sementara saat ini sudah banyak yang memanfaatkan teknologi standar hingga canggih seperti HPE Simplivity Indonesia. Penggunaan teknologi dipilih karena dianggap dapat membuat operasional perusahaan berjalan lebih efektif.

Memang, pemanfaatan teknologi memberikan banyak sekali dampak positif, di antaranya:

  • Memperkecil risiko human error

Namanya manusia, pasti ada saatnya melakukan kesalahan. Meskipun Anda sudah memperingatkan karyawan Anda agar lebih berhati-hati, tetapi terkadang hal ini tidak bisa dihindari. Kesalahan bisa terjadi akibat kurang teliti, terlalu lelah, kurang konsentrasi, dan sebagainya. Penggunaan teknologi dapat meminimalis risiko terjadinya kesalahan ini sehingga akan semakin kecil juga kemungkinan adanya masalah di kemudian hari.

  • Lebih mudah mendeteksi kesalahan

Meskipun sudah diminimalis dengan penggunaan teknologi, tetapi untuk kegiatan operasional yang berhubungan dengan manusia, risiko kesalahan ini masih tetap bisa terjadi. Misalnya kesalahan input data, penghapusan data, dan sebagainya. Namun, kesalahan yang terjadi lebih mudah dideteksi dengan memanfaatkan teknologi.

  • Kegiatan operasional lebih efektif dan hemat

Berbagai kegiatan operasional akan dapat berjalan lebih efektif dan cepat dengan bantuan teknologi. Misalnya, untuk berkomunikasi seperti melakukan meeting, Anda tidak lagi harus pergi menemui klien langsung di kantornya. Anda bisa memanfaatkan teknologi internet seperti melakukan video call dari kantor Anda. Dengan begitu, akan lebih menghewat Anda dari segi waktu, biaya, dan tenaga.

Namun, sama halnya dengan berbagai hal lain yang memiliki dampak positif juga negatif, begitu pula dengan pemanfaatan teknologi. Salah satu yang paling terasa adalah adanya pengurangan karyawan pada beberapa perusahaan.

Yap, perubahan sistem perusahaan yang mulai memanfaatkan teknologi seperti software SAP pada beberapa divisinya memang mau tidak mau akan berdampak pada pengurangan karyawan. Misalnya saja pada divisi finance, jika pembukuan dilakukan secara manual tentunya akan membutuhkan lebih banyak orang untuk mengerjakannya. Namun ketika fungsi ini sudah dikerjakan dengan memanfaatkan teknologi software SAP, maka hanya membutuhkan sedikit saja karyawan.

Sayangnya, perkembangan teknologi bukan hal yang bisa dihindari, begitu pula dengan pemanfaatannya oleh perusahaan. Jadi, Anda yang harus mempersiapkan diri dalam menghadapinya. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *