daging sapi
Tips And Trick

Tips Agar Daging Mudah Empuk

Kecuali Anda seorang vegetarian, hampir semua orang menyukai daging. Apalagi bagi penggemar steak, biasanya akan memilih daging berukuran besar agar puas mengonsumsinya. Untuk konsumsi pribadi di rumah juga, daging menjadi bahan yang paling mudah diolah. Dari mulai menggunakan stir fry sauce yang tersedia dengan berbagai rasa, membuat daging sapi lada hitam untuk makan malam spesial keluarga,  atau dimasukkan ke dalam kuah bening. Apapun jenis masakannya, hasilnya pasti enak jika menggunakan daging.

Sayangnya, daging merah seperti daging sapi atau kambing memiliki serat yang cukup alot sehingga tidak mudah empuk. Bahkan, jika dimasak secara normal butuh waktu berjam-jam untuk membuatnya empuk dan mudah dimakan. Namun, jangan khawatir karena ternyata ada kok beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat daging cepat empuk, antara lain:

  • Presto

Ini merupakan cara yang paling sering dilakukan oleh ibu-ibu sekarang setelah membeli daging. Biasanya semua daging yang dibeli akan dipresto terlebih dahulu sebelum kemudian dimasukan ke dalam freezer. Jadi ketika mereka membutuhkan daging untuk dimasak, daging sudah dalam kondisi empuk dan siap untuk diproses.

Namun, banyak juga orang yang tidak mau menggunakan cara ini karena beberapa alasan. Salah satunya yaitu tidak sesuai dengan dengan cara memasak daging selanjutnya. Memang, daging yang dipresto akan direndam dengan air selama prosesnya, sehingga bisa dikatakan daging seperti sudah direbus. Kondisi daging seperti ini tentunya tidak sesuai jika Anda ingin mengolah daging menjadi steak atau sate.

  • Daun pepaya

Pernahkah Anda melihat daging yang telah ditusuk ke tusukan sate diletakkan di atas lembaran daun pepaya? Hal ini bukan dilakukan tanpa ada alasannya, loh! Daun pepaya memiliki kemampuan untuk mengempukkan daging karena memiliki kandungan zat papain. Cukup bungkus daging dengan daun pepaya selama 30 menit dan daging sudah siap untuk dimasak.

Namun, ada beberapa orang yang tidak mau menggunakan cara ini karena daun pepaya memilikki cita rasa pahit. Jadi mereka takut jika nantinya ada rasa pahit di daging yang akan diolah tersebut.

  • Nanas

Nanas juga salah satu buah yang bisa memutus serat daging dengan sangat cepat. Anda bisa memblender atau memarut nanas sesuai kebutuhan. Kemudian lumuri nanas ini pada daging yang akan diolah. Jika daging memiliki ukuran yang kecil dan tipis, ada baiknya jika mendiamkannya tidak lebih dari 1 menit. Sebab kemampuan nanas memutus serat daging sangat luar biasa. Jika Anda terlalu lama mendiamkannya, akan membuat serat daging benar-benar hancur dan daging menjadi seperti daging giling.

Nah, setelah mengetahui cara cepat mengempukkan daging di atas, Anda tidak perlu bingung lagi jika ingin menggunakan daging sebagai bekal sekolah yang sehat dan praktis untuk dibawa anak. Semoga bermanfaat! (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *