hewan peliharaan
Fun,  Property

Hal Penting Sebelum Memelihara Hewan di Apartemen

Bagi sebagian orang, memiliki hewan peliharaan merupakan suatu hal yang sangat membahagiakan. Melihat hewan tersebut tumbuh berkembang, bermain, dan melakukan berbagai hal lucu, bisa seolah menjadi penghilang rasa lelah setelah beraktivitas seharian. Bahkan ketika sedang dalam perjalanan menuju apartemen Cinere yang menjadi tempat tinggal, bayangan akan tingkah lucu hewan kesayangan bisa membuat kita tidak sabar ingin segera sampai.

Namun, banyak penghuni baru apartemen yang terkadang harus merelakan hobinya memelihara hewan karena merasa mereka tidak boleh memiliki hewan peliharaan di apartemen. Padahal sebenarnya mereka sangat menginginkannya. Nah, jika kamu salah satunya, ada baiknya jika kamu coba mencari informasi terlebih dahulu mengenai peraturan apartemen terkait memelihara hewan.

Setiap apartemen atau rumah susun (dalam istilah hukum) wajib membentuk PPPSRS (Perhimpunan Pemilik dan Penghuni Rumah Susun). PPPSRS ini merupakan badan hukum yang anggotanya berisi pemilik atau penghuni apartemen atau rumah susun. Selain itu, PPPSRS juga memiliki tugas penting salah satunya yaitu membentuk tata tertib yang harus ditaati oleh semua penghuni apartemen ataupun rumah susun.

Salah satu aturan yang biasanya dibuat adalah terkait dengan memeliharan hewan di lingkungan apartemen. Beberapa aturannya antara lain:

  • Sama sekali tidak boleh memelihara hewan apapun dalam unit apartemen atau satuan rumah susun
  • Boleh memelihara tetapi memberikan aturan tertentu seperti jenis hewan dan sebagainya

Ketika ada penghuni apartemen yang melakukan pelanggaran dengan memelihara hewan padahal peraturan sudah jelas menyatakan “tidak diizinkan”, maka PPPSRS berhak untuk melakukan peneguran melalui badan pengelola yang telah dibentuknya.

Nah, jika seandainya kamu sudah membaca dan memastikan bahwa apartemen yang menjadi tempat tinggalmu memperbolehkan kamu memelihara hewan, maka tinggal kamu yang harus pandai memilih hewan dan melakukan perawatan.

  • Pilih hewan yang tidak sering mengeluarkan suara terlalu nyaring. Misalnya seperti anjing yang terlalu sering menggonggong dengan suara kencang. Sebab, suara tersebut bisa mengganggu penghuni unit di sampingmu.
  • Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan hewan peliharaanmu.
  • Jangan pernah melepaskan hewan peliharaanmu tanpa pengawasan karena meskipun menurutmu hewan peliharaanmu lucu, belum tentu semua orang menyukainya. Mengawasinya terus juga bisa menghindarkan hewan dari kejadian yang tidak diharapkan.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *