tidur

Begini Cara Mengatasi Sulit Tidur di Tempat Baru?

Baru saja membeli salah satu unit apartemen ciracas dan akhirnya selesai beres-beres. Rasanya pasti sangat melelahkan. Jadi tidak sabar untuk masuk kamar, bersantai di atas kasur hingga kemudian tertidur. Namun, kenapa ya kok hingga tengah malam masih belum juga bisa tidur? Padahal tubuh sudah sangat lelah.

Pernahkah kamu mengalami hal tersebut? Jika iya, jangan panik karena ternyata ada loh penyebab yang mendasarinya. Berikut ini adalah penjelasannya!

Situs klikdokter menjelaskan bahwa kondisi ini disebut dengan first night effect, yaitu kondisi di mana otak tetap berada dalam status siaga saat berada di sebuah tempat yang baru. Hal ini didasarkan pada penelitian yang kemudian dipublikasikan dalam jurnal Current Biology pada bulan April tahun 2016. Penelitian tersebut dilakukan dengan mengevaluasi apa yang terjadi pada otak 35 orang partisipan saat tidur di tempat yang baru menggunakan teknik neuroimaging. Hasilnya menunjukkan bahwa ada bagian otak yang masih tetap aktif untuk memberi respon terhadap kondisi sekitar, yaitu otak bagian kiri.

Ini disebabkan karena munculnya rasa cemas dan waswas terhadap keamanan dari tempat baru tersebut. Meskipun mungkin kamu menginap di sebuah hotel yang sebenarnya sudah terjamin kemananannya, tetapi secara psikologis rasa cemas tersebut tetap ada.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Untuk kasus di atas, kamu tidak perlu khawatir karena apartemen tersebut akan menjadi tempat tinggalmu seterusnya. Jadi first night effect ini akan menghilang dengan sendirinya. Namun jika kamu merasa terganggu, kamu bisa menata ruangan kamar barumu agak menyerupai kamar lamamu. Suasana yang tidak asing ini akan membantumu untuk bisa beradaptasi lebih cepat.

Namun, kondisinya akan berbeda jika kamu mengalami ini saat berwisata ke luar kota atau luar negeri. Sebab, kamu akan menginap di tempat yang benar-benar baru sepenuhnya dan kamu tidak memiliki kuasa untuk mengubah suasananya. Untuk mengatasinya cara yang bisa kamu lakukan untuk membantumu adalah:

  • Booking kamar dengan ukuran tempat tidur yang sama dengan di tempat tinggalmu
  • Lakukan kebiasaan yang sering kamu lakukan, seperti mendengarkan musik, membaca buku, dan sebagainya
  • Jika memungkinkan, hindari berpindah-pindah hotel. Selain karena akan membuatmu lelah, hal ini juga bisa membuatmu mengalami first night effect secara berulang.

Semoga informasi di atas bermanfaat untukmu ya, dan selamat menempati unit apartemen barumu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *