sumber vitamin
Health

Kelebihan Vitamin Berbahaya untuk Tubuh, Benarkah?

Vitamin memang sangat bermanfaat untuk tubuh karena membantu menjaga kesehatan sekaligus menunjang fungsi sel. Namun demikian, siapa sangka, terlalu banyak mengonsumsi vitamin ternyata tidak bagus loh untuk kesehatan. Karena itu, sekalipun Anda sudah memiliki asuransi kesehatan keluarga yang akan melindungi Anda dan keluarga ketika terjadi sesuatu, namun tidak membatasi konsumsi vitamin tentu bisa menimbulkan hal yang tidak diinginkan.

Lantas, apa sajakah bahaya yang ditimbulkan bila seseorang terlalu banyak mengonsumsi vitamin? Yuk, disimak langsung pembahasannya, check it out: (source: alodokter)

  1. Osteoporosis. Salah satu bahaya yang ditimbulkan ketika tubuh kelebihan vitamin adalah meningkatnya risiko osteoporosis atau tulang keropos. Ini terjadi karena berlebihnya kandungan vitamin A dalam tubuh, untuk itu batasilah konsumsi vitamin satu ini agar tulang tidak keropos. Disarankan Anda mengonsumsi 1,5 miligram vitamin A perhari dan apabila sudah mengonsumsi makanan seperti telur, hati, susu, minyak ikan maka ada baiknya tidak mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin A.
  2. Mual. Siapa yang bisa menduga, mengonsumsi vitamin secara berlebih bisa pula menimbulkan mual. Tidak hanya mual, Anda juga akan mengalami kemerahan pada kulit, gangguan hati, dan sebagainya. Kondisi ini biasanya muncul akibat kelebihan vitamin B yang biasanya berfungsi untuk membantu pembentukan sel darah merah sekaligus menjaga kesehatan sistem saraf. Vitamin B sendiri terbagi menjadi beberapa jenis yakni vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B9, dan B12.
  3. Penumpukan kalsium. Bahaya lainnya yang ditimbulkan akibat berlebihnya konsumsi vitamin adalah menumpuknya kalsium di dalam tubuh. Penumpukan ini terjadi karena kelebihan vitamin D yang diperoleh dari daging merah, minyak ikan, telur, dan hati. Selain penumpukan kalsium, mengonsumsi vitamin D terlalu banyak juga bisa menimbulkan penumpukan arteri sekaligus jaringan lunak.
  4. Ruam. Vitamin yang berlebih juga bisa menimbulkan ruam pada tubuh. Kondisi ini muncul akibat kelebihan vitamin E yang biasanya berfungsi untuk menjaga jaringan tubuh sekaligus menyehatkan kulit. Selain ruam, kelebihan vitamin E pun bisa menyebabkan sakit kepala, memar, dan letih.

Dan kelebihan vitamin C pun bisa menimbulkan sakit perut, diare, muntah, mual, dan sebagainya. Untuk itu, batasilah konsumsi vitamin agar tidak memunculkan berbagai macam penyakit. –SH–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *