erp
Bussiness

ERP dan Manfaatnya Mendukung Usaha

Pernah dengar ERP? Saat ini, salah satu sistem ERP yaitu SAP sudah banyak yang menggunakannya di Indonesia. Bahkan sudah mulai ada beberapa Distributor SAP Indonesia yang menyediakan software ini untuk keperluan perusahaan di Indonesia. Penggunaan software tersebut dianggap sangat penting untuk membantu perkembangan perusahaan.erp

Namun pertanyaannya? ERP itu apa sih?

ERP adalah singkatan dari Enterprise Resource Plan, merupakan sebuah sistem yang mengelola semua proses dalam perusahaan baik skala kecil hingga besar. Proses bisnis yang dikelola dalam sistem ini meliputi marketing, produksi, inventory, keuangan, dan bahkan termasuk juga pengelolaan sumber daya manusia dalam perusahaan, seperti penggajian, lowongan pekerjaan, dan sebagainya. Ketika perusahaan sudah menerapkan ERP dalam perusahaannya, artinya semua proses bisnis yang berlangsung di dalamnya akan saling terintegrasi dalam satu sistem.

Karena menghubungkan semua proses bisnis, sistem ERP cukup kompleks. Meskipun begitu, perusahaan bisa hanya menerapkan sistem ERP ini untuk beberapa proses bisnis yang dianggap memerlukannya saja. Misalnya hanya pada bagian produksi saja atau hanya pada bagian pengelolaan keuangan saja. Sebab, sistem ERP bisa dijual secara terpisah sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Namun, perusahaan juga bisa membeli sistem ERP utuh yang mencakup keseluruhan proses bisnis.

Anda mungkin berpikir, sistem yang kompleks seperti ini hanya sesuai jika dimanfaatkan pada perusahaan besar. Mengingat perusahaan besar memiliki tingkat kompleksitas yang sangat tinggi. Apalagi perusahaan yang memiliki cukup banyak cabang.

Pemikiran tersebut sebenarnya tidak sepenuhnya salah. Namun sebenarnya, usaha kecil termasuk UMKM juga disarankan untuk menggunakan sistem ERP dalam pengelolaan bisnisnya. Sebab, dengan begitu pemilik usaha akan lebih mudah dalam mengelola usahanya. Apalagi sistem ini bisa memudahkan pemilik usaha untuk mengambil keputusan melalui data terintegrasi yang ada di dalamnya. Namun, mengingat harga sistem ini yang cukup tinggi, penggunaan sistem ini bisa disesuaikan dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Biasanya untuk usaha yang masih dalam skala kecil atau menengah, sistem ERP yang digunakan barulah sistem yang terkait dengan keuangan. Sebab, penggunaan sistem ERP dalam proses tersebut akan memudahkan pemilik usaha untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan saat ini. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *