Haruskah Mengganti Mesin Kasir dengan POS System?

Saat ini, banyak bisnis yang memanfaatkan teknologi untuk memudahkan operasionalnya. Dari mulai mengelola inventori, pemasaran, dan juga transaksi seperti menggunakan aplikasi kasir android. Selain itu, banyak juga usaha seperti restoran yang mulai menggunakan teknologi lain, yaitu POS System untuk menggantikan cash register atau mesin kasir yang banyak digunakan dulu. Alasannya, karena POS System dianggap lebih memiliki fitur yang lengkap dibandingkan mesin kasir.

Namun, benarkah semua bisnis membutuhkan POS System dan tidak lagi membutuhkan mesin kasir?

Mesin Kasir VS POS System

Sebelum membahas mengenai hal tersebut, ada baiknya jika kita membahas terlebih dahulu perbedaan keduanya. Mesin kasir atau cash register adalah sebuah perangkat elektronik yang digunakan untuk menghitung dan mencatat transaksi. Pada bagian bawahnya, terdapat laci yang dapat terbuka secara otomatis saat terdapat transaksi. Laci tersebut berfungsi untuk menyimpan uang tunai dari transaksi yang dilakukan.

Perangkat ini juga dapat mencetak struk dari setiap transaksi yang dilakukan. Awalnya, mesin kasir bersifat mekanis, sehingga tidak mencetak struk dan hanya berfungsi untuk mencatat transaksi dan juga menyimpan uang. Laci juga dibuka dengan cara manual menggunakan kunci. Namun, saat ini sudah berkembang menjadi lebih canggih.

POS System memiliki fungsi dasar yang mirip dengan mesin kasir yaitu mencatat transaksi. Selain itu, bentuknya juga tidak terlalu berbeda sehingga banyak yang membuat POS System sering dianggap sama dengan mesin kasir. Padahal, keduanya sangatlah berbeda.

POS merupakan gabungan antara komponen perangkat keras dan perangkat lunak, sehingga membuatnya memiliki banyak fitur lengkap. Beberapa fitur yang dimilikinya yaitu:

  • Mengelola transaksi yang masuk
  • Memproses pembayaran
  • Melacak ketersediaan stok
  • Mengirimkan orderan langsung ke dapur (untuk usaha restoran)
  • Membuat laporan transaksi

Perlukan Mengganti Mesin Kasir dengan POS System?

Meskipun tidak ada kewajiban untuk mengganti mesin kasir lama dengan POS System, tetapi jika melihat dari keunggulan yang dimiliki POS System, tentu saja perubahan teknologi dari mesin kasir ke POS System lebih disarankan. Khususnya untuk kamu yang memiliki bisnis restoran atau tempat makan dan ingin menjangkau pasar yang lebih luas. Menggunakan aplikasi POS kasir online akan memberikanmu banyak sekali keunggulan. Seperti fitur yang memungkinkan konsumen memilih layanan (dine in, take away, reservasi, atau delivery), pembayaran digital seperti QRis, dan fitur lainnya. Dengan dukungan teknologi canggih ini, maka kamu akan bisa memaksimalkan potensi bisnismu.

Leave a Comment

Your email address will not be published.