bisnis

Langkah Penting Saat Membuka Bisnis

Membuka sebuah bisnis bukan hal yang mudah. Ketika bisnis berhasil, memang bisa menjadi sumber penghasilan yang lumayan besar bagi Anda. Namun ketika gagal, maka kerugian yang bisa Anda alami juga tidak sedikit, khususnya jika modal yang Anda investasikan sudah cukup besar. Risiko inilah yang harus berani Anda ambil saat berencana membuka sebuah bisnis baru dalam bidang apapun, termasuk juga fisheries startup atau bisnis lainnya.

Untuk meminimalkan risiko kegagalan tersebut, maka ada beberapa tips membuka bisnis startup yang bisa diikuti, seperti membuat rencana bisnis secara detail mengenai bidang startap yang akan dibuka. Selain itu, ada beberapa hal lain yang sebaiknya Anda lakukan sebelum membuka bisnis, yaitu:

  • Pahami bidang bisnis

Semua hal memang butuh pengalaman, tetapi setidaknya sebelum membuka bisnis Anda harus mengetahui terlebih dahulu dasar dari bidang bisnis yang akan dijalankan. Apalagi jika Anda membuka bisnis bersama dengan pihak lain, tanpa adanya pengetahuan tentang bisnis yang akan dijalankan bisa membuat Anda terlihat tidak profesional. Atau bahkan, Anda bisa mengalami kerugian akibat ditipu jika salah mencari partner kerja.

  • Lakukan analisis SWOT

Tidak perlu membuat analisis SWOT dengan banyak poin jika bisnis yang akan Anda buka masih dalam skala kecil. Tetapi setidaknya Anda harus paham terlebih dahulu setiap poin pada SWOT yang dibuat. Hal ini sangat penting untuk memprediksi kemajuan bisnis Anda di masa depan. Baik dari sisi peluang maupun hal yang mengancam kemajuan bisnis Anda.

  • Persiapkan modal

Setiap bisnis pasti akan membutuhkan modal. Untuk Anda yang benar-benar masih baru membuka usaha, ada baiknya hindari modal yang berasal dari pinjaman karena pastinya akan memberatkan Anda nantinya. Bukalah usaha dalam skala yang sesuai dengan ketersediaan modal Anda dan selanjutnya, Anda bisa berusaha mengembangkannya nanti.

Hal penting lainnya yaitu, pastikan Anda fokus dan mau bekerja keras setelah membuka bisnis. Ingatlah bahwa keberhasilan yang telah diraih oleh para pebisnis sukses berasal dari kerja keras. Tidak jarang dari mereka mengalami kegagalan berkali-kali atau kerugian dengan jumlah tidak sedikit selama proses mengembangkan bisnisnya. Jadi, jika Anda tipe orang yang mudah menyerah ada baiknyaa berpikir ulang terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membuka bisnis sendiri.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *