manajemen karyawan

Pentingnya Pemanfaatan Pengembangan Teknologi Dalam Bisnis

Teknologi, sesuatu yang sangat dekat dengan kita saat ini. Hampir semua hal saat ini berkaitan dengan teknologi. Seperti ponsel yang Anda gunakan sehari hari, aplikasi browser atau sosial media, dan sebagainya. Tidak hanya dalam keseharian saja, teknologi juga banyak dimanfaatkan oleh perusahaan. Dari mulai penggunaan komputer, koneksi internet, dan penggunaan Assessment Center Indonesia untuk membantu divisi HR dalam proses employee management-nya.

Namun, penggunaan teknologi saja untuk sebuah perusahaan ternyata tidak cukup. Untuk bisa memaksimalkan kinerja sebuah perusahaan, mengikuti perkembangan teknologi juga sangat penting. Mengapa demikian? Berikut ini beberapa alasanya:

  • Mempercepat sebuah proses

Perkembangan teknologi komunikasi sangat membantu proses ini. Misalnya saja seperti teknologi video call atau meeting room online yang dapat mempermudah proses meeting. Dengan memanfaatkan teknologi tersebut, Anda bisa langsung melakukan meeting dengan semua partner kerja atau klien tanpa harus berada di satu tempat yang sama. Teknologi ini merupakan salah satu yang paling bnyak dimanfaatkan di masa pandemi seperti sekarang.

  • Memudahkan proses pengelolaan organisasi

Salah satu divisi yang mulai mengubah sistem kerjanya dari manual ke arah teknologi adalah HRD atau human resources department. Dulu, proses rekrutmen karyawan baru serta pelatihan dan penilaian terhadap kinerja karyawan dilakukan secara  manual. Namun saat ini, asesmen online mulai banyak dimanfaatkan dalam proses ini. Perubahan ini dilakukan karena asesmen online dianggap lebih mudah, praktis, dan akurat dibandingkan dengan cara manual.

  • Mengurangi human error

Human error merupakan salah satu penyebab terjadinya banyak masalah dalam berbagai hal. Misalnya saja pada bagian keuangan. Ketika terjadi kesalahan pencatatan, meskipun hanya sedikit, tentu saja akan sangat memengaruhi keuangan perusahaan. Namun, dengan perkembangan teknologi yang memungkinkan semua bagian terhubung dalam satu sistem akan memperkecil risiko tersebut. Bahkan ketika terjadi sebuah kesalahan, akan lebih mudah dalam mencari sumbernya.

  • Meningkatkan penjualan

Memasarkan produk menggunakan media iklan di TV, radio, atau media cetak? Memang terkadang cara ini masih efektif. Namun pada kenyataannya, banyak orang yang lebih banyak menghabiskan waktunya mengakses internet melalui ponsel mereka. Itulah sebabnya, untuk dapat bertahan perusahaan juga harus mengubah strategi pemasaran menjadi via online (sosial media atau banner di situs), sesuai dengan perubahan perilaku masyarakat akibat perkembangan teknologi saat ini.

Teknologi berkembang dengan sangat cepat dan memengaruhi berbagai hal. Itulah sebabnya perusahaan harus mampu menyesuaikan diri dengan kondisi tersebut dan memanfaatkannya sebaik-baiknya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *