kulit berminyak

Punya Kulit Berminyak? Hati-Hati dengan Makanan Ini

Setiap perempuan memiliki karakteristik kulit yang berbeda. Ada yang memiliki kulit kering, berminyak, atau pun kombinasi. Beda jenis kulit, tentu berbeda cara perawatannya. Atas alasan inilah, banyak perempuan yang lebih memilih berkonsultasi serta melakukan perawatan di klinik kecantikan terbaik di Jakarta. Sebab, menyerahkan pada ahlinya akan lebih efektif dibanding mencoba berbagai hal tanpa tahu manfaatnya untuk kulit kita, bukan?

Selain konsultasi dengan klinik kecantikan, menjaga pola makan juga bisa membantu perawatan kulit. Nah, bagi kamu yang memiliki masalah kulit berminyak, ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari, nih. Sebab makanan tersebut justru bisa memperparah kondisi kulitmu. Apa saja, ya? Cek daftarnya dalam artikel berikut ini!

  1. Yep, gorengan bisa dibilang merupakan ‘musuh’ dari pemilik kulit berminyak. Sebab berdasarkan studi yang dilakukan oleh jurnal Dermato-Endocrinology, konsumsi asam lemak omega-6 yang berlebihan bisa menimbulkan peradangan pada kulit dan juga menimbulkan jerawat. Bagi kamu yang memiliki kulit berminyak, baiknya kurangi konsumsi makanan yang diolah dengan cara deep-fried, ya.
  2. Susu dan produk olahan. Susu dan produk olahan mengandung kadar hormon yang tinggi sehingga bisa menyumbat pori-pori dan memicu pertumbuhan jerawat. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggantinya dengan susu almon atau kedelai yang lebih ramah untuk kulit.
  3. Tahukah kamu? Menurut studi yang dilakukan oleh American Journal of Clinical Nutrition, indeks glikemik tinggi dapat meningkatkan produksi minyak di kulit kita. Nah, makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi di antaranya adalah roti tawar, nasi putih, dan sebagainya, yang kalau dikonsumsi dapat menaikkan kadar gula darah dengan cepat, lalu menurunkannya dengan cepat pula.
  4. Makanan manis dan mengandung banyak gula. Nah, attention nih untuk kamu yang senang mengonsumsi makanan manis. Gula tak hanya memicu kegemukan tetapi juga membuat kelenjar minyak memproduksi minyak berlebih. Tak hanya itu, gula juga meningkatkan kadar insulin dengan cepat sehingga menyebabkan peradangan di tubuh (termasuk di kulit).

Itu dia beberapa makanan yang sebaiknya dihindari kalau kamu memiliki kulit berminyak. Disarankan untuk mengonsumsi makanan yang tinggi vitamin serta antioksidan untuk membantu merawat kulitmu. Semoga membantu, ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *