kosmetik

Makeup Tahan Lama untuk Kulit Berminyak, Inilah Caranya

Pernahkah kamu mengalami masalah di mana makeup kamu luntur padahal sudah menggunakan kosmetik lokal terbaik dan juga belum ada satu jam pemakaian? Pastinya sangat menjengkelkan. Biasanya, masalah ini sering dialami oleh mereka yang memiliki tipe kulit berminyak. Tidak jarang juga mereka malah melakukan touch up yang justru malah membuat riasan wajah menjadi tidak natural dan foundation malah terlihat menggumpal jika melakukannya dengan cara yang tidak tepat. Nah, berikut ini adalah cara untuk memiliki makeup yang tahan lama bagi kamu dengan tipe kulit yang berminyak.

  1. Membersihkan wajah sebelum mengaplikasikan makeup

Pasalnya, kulit yang berminyak sangat rentan untuk ditempeli kotoran dan debu, maka dari itu wajib hukumnya bagi kamu untuk membersihkan wajah dengan maksimal sebelum mengaplikasikan makeup. Bersihkanlah wajah dengan pembersih wajah yang khusus untuk kulit berminyak dan juga lanjutkan dengan menggunakan facial foam. Langkah-angkah ini dapat melunturkan kotoran dan minyak di wajah agar makeup pun terlihat maksimal.

  1. Mengompres dengan es batu

Kulit yang berminyak biasanya memiliki pori-pori yang besar sehingga disarankan bagi kamu untuk mengecilkan pori-pori tersebut dengan mengompresnya menggunakan es batu seusai membersihkannya. Lakukan proses ini selama kurang lebih 5 menit.

  1. Jangan lupa gunakan pelembap dan primer

Menggunakan primer sangatlah penting bagi kamu yang memiliki wajah dengan tipe berminyak. Hal ini dikarenakan kandungan primer yang dapat mengisi pori-pori sehingga kulitpun tidak mengeluarkan minyak yang berlebih. Tidak hanya itu, menggunakan pelembab juga perlu karena pelembab yang ringan dan berbahan dasar air atau berlabel oil free dapat membuat makeup menempel dengan sempurna pada wajah.

  1. Menggunakan foundation matte

Jika kulit kamu cenderung berminyak mata kamu perlu menghindari foundation yang memiliki akhir satin ataupun dewy. Karena foundation jenis ini justru akan membuat tampilan akhir wajah kamu menjadi lebih berminyak. Maka dari itu, pilihlah foundation yang memiliki hasil akhir matte dan juga foundation yang memiliki formula untuk mengontrol minyak berlebih.

  1. Menggunakan bedak tabur

Dibandingkan bedak padat yang mengandung minyak, bedak tabur lebih dapat menyerap banyak minyak dengan baik pada wajah sehingga tidak terlihat mengilap.

  1. Gunakan setting spray dan selalu siapkan kertas minyak

Setting spray yang dikhususkan untuk wajah berminyak sangat penting untuk disemprotkan seusai menyelesaikan rangkaian makeup untuk mengunci sehingga makeup pun tidak cepat luntur dan bergeser. Selain itu, jangan lupa juga untuk selalu menyiapkan kertas minyak ketika bepergian agar minyak berlebih dapat segera dihilangkan dari wajah.

Demikianlah beberapa cara yang perlu kamu lakukan jika menginginkan makeup lebih tahan lama bagi para pemilik kulit tipe berminyak. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *