Anak kucing

Melindungi Hewan Peliharaan dari COVID-19

Bisakah hewan peliharaan terserang COVID-19? Hal ini sering menjadi pertanyaan banyak orang, terutama untuk yang memiliki hewan peliharaan. Apalagi dengan banyaknya laporan dari berbagai negara mengenai hewan yang positif COVID-19. Umumnya hewan-hewan tersebut adalah hewan peliharaan dari orang yang sudah terdiagnosa positif COVID-19.

Namun, menurut situs resmi CDC (The Center for Disease Control and Prevention), kasus pertama dari hewan yang positif COVID-19 terjadi pada harimau yang ada pada kebun binatang di kebun binatan di New York. Harimau ini dikabarkan mengalami masalah pernapasan hingga akhirnya sample dari harimau ini diambil untuk dilakukan pengecekan setelah beberapa ekor singa juga menunjukkan gejala yang sama. Diperkirakan hewan-hewan ini terpapar COVID-19 dari petugas kebun binatang yang sudah terinfeksi oleh virus ini.

Lalu, apa artinya virus ini memang bisa menyebar juga pada hewan peliharaan?

Sampai saat ini masih belum ada jawaban pasti mengenai hal tersebut karena untuk memastikannya masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut. Namun, ada baiknya jika Anda yang memiliki hewan peliharaan untuk lebih waspada, dengan beberapa cara berikut:

  • Hindari kontak langsung dengan hewan peliharaan jika Anda mulai merasakan adanya gejala COVID-19. Mintalah bantuan pada kerabat untuk membantu Anda mengurus hewan peliharaan selama Anda sedang berada dalam kondisi tersebut.
  • Jika tidak ada yang bisa dimintai bantuan, maka Anda bisa tetap merawatnya dengan menggunakan masker dan juga sarung tangan. Selain itu, sebaiknya kurangi kontak dengan hewan peliharaanmu. Cukup lakukan kontak saat diperlukan, seperti saat memberi makan, minum, dan membersihkan kotorannya.
  • Jika Anda berada dalam kondisi sehat, ada baiknya mencegah hewan peliharaan keluar rumah terutama jika sudah ada orang di sekitar rumah Anda yang terdeteksi positif COVID-19.
  • Jika hewan Anda tidak mungkin terus berada di dalam rumah dan perlu untuk berjalan-jalan, maka gunakan tali untuk mengatur arah kepergiannya. Pastikan hewan peliharaan Anda menjaga jarak dengan orang-orang yang ada di sekitarnya. Physical distancing tidak boleh hanya Anda terapkan antar manusia saja, tetapi juga antar hewan maupun antara hewan dan manusia.
  • Jaga kebersihan hewan. Jika tidak memungkinkan hewan peliharaan untuk dimandikan di petshop, makaa Anda bisa coba memandikannya sendiri.
  • Berikan makanan dengan kualitas yang baik dan bernutrisi. Lebih baik lagi jika Anda memberikan makanan hewan dengan kandungan yang dapat meningkaatkan imun tubuhnya.

Ingatlah, hewan juga makhluk hidup yang punya hak untuk memiliki kehidupan layak. Saat Anda sudah berniat untuk memelihara mereka, maka sayangi mereka. Jangan pernah memperlakukan mereka dengan kejam hanya karena Anda takut dengan berita bohon mengenai kaitan hewan peliharaan dengan COVID-19. Sebab, hingga saat ini penelitian mengenai hal tersebut masih terus dilakukan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *