Waspadai Penyebab Korsleting Listrik di Mobil

Kebakaran yang disebabkan oleh korsleting listrik merupakan hal yang sering terjadi, tidak hanya di pemukiman saja, tetapi juga pada kendaraan bermotor seperti mobil. Pengguna Asuransi Mobil Komprehensif dari asuransi umum Chubb yang sudah memperluas jaminannya dengan perlindungan kebakaran, mungkin tidak merasa khawatir ketika musibah ini terjadi. Sebab kerugian yang terjadi akibat risiko tersebut akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Meskipun begitu, melakukan pencegahan agar hal tersebut tak terjadi sudah sepatutnya Anda lakukan.listrik mobil

Untuk mencegah terjadinya musibah kebakaran akibat korsleting mobil, Anda bisa memulai dengan mengetahui apa yang bisa menjadi penyebabnya. Dengan begitu Anda bisa mengambil langkah tepat untuk menjaga agar korsleting tidak terjadi. Berikut ini, adalah beberapa penyebab terjadinya korsleting mobil:

  • Tambahan aksesoris

Memasang berbagai aksesoris baru pada mobil adalah hal yang wajar. Namun, Anda harus berhati-hati saat melakukannya karena menggunakan aksesoris secara berlebihan atau tidak sesuai dengan mobil justru bisa menyebabkan masalah, seperti korsleting listrik. Misalnya ketika menggunakan audio atau lampu di atas standar yang membutuhkan daya listrik cukup besar.

  • Penggunaan komponen yang tidak sesuai

Komponen yang digunakan haruslah sesuai dengan yang dibutuhkan. Misalnya Anda menambahkan aksesoris yang membutuhkan daya listrik lebih besar, maka Anda harus menyesuaikan kabelnya juga agar aliran listrik dapat mengalir dengan baik. Selain itu, penggunaan komponen mobil yang tidak original juga dapat memicu terjadinya korsleting listrik.

  • Oli bocor

Oli yang bocor tidak hanya dapat merusak komponen mesin lebih cepat, tetapi juga dapat menyebabkan terjadinya korsleting listrik. Hal ini terjadi ketika oli yang bocor tumpah dan mengenai kabel di dekat penampung oli. Oli yang memiliki suhu tinggi tersebut akan membakar kabel sehingga terjadilah korsleting listrik.

  • Sistem kelistrikan terkena air

Meskipun mesin mobil boleh terkena air saat proses pencucian, tetapi ada beberapa area yang harus terjaga tetap kering yaitu bagian elektrikal. Namun, setiap mobil memiliki posisi elektrikal yang berbeda, maka ada baiknya jika Anda mengetahui posisi elektrikal mobil Anda agar dapat lebih berhati-hati.

  • Pemasangan baut aki yang tidak tepat

Baut pada aki harus dipasang dengan tepat dan dikencangkan secara maksimal. Selain itu, pastikan bahwa kabel yang ada pada aki masih berfungsi baik dan tidak terkelupas. Sebab, kondisi kabel yang sudah kurang baik dan kemudian menempel pada mesin dapat menimbulkan panas sehingga meningkatkan risiko terjadinya korsleting.

Setelah mengetahui penyebabnya, semoga Anda bisa mencegah agar hal tersebut tidak terjadi pada mobil kesayangan Anda. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *