spooring balancing

Ini Pentingnya Melakukan Spooring dan Balancing

Melakukan perubahan atau pun perbaikan pada kaki-kaki mobil atau area ban artinya Anda harus segera melakukan Spooring dan Balancing. Misalnya saja ketika mobil yang baru Anda beli dengan kredit mobil Mitsubishi sudah tiba dan Anda langsung melakukan modifikasi pada bagian tersebut. Maka pastikan untuk segera melakukan spooring dan balancing setelahnya.

Bagaimana jika kedua hal itu tidak dilakukan? Tentunya akan ada risikonya, seperti berikut ini:

Spooring

Spooring adalah proses untuk meluruskan kedudukan 4 ban mobil agar kembali ke setting awal saat baru keluar dari pabrik. Jika proses spooring diabaikan, maka 2 risiko ini dapat terjadi pada mobil Anda:

  • Arah kendaraan akan menjadi tidak lurus dan tidak stabil. Mobil cenderung akan terus lari ke arah kanan atau kiri. Akibatnya Anda akan merasa lebih lelah saat mengemudi karena harus menahan setir agar posisi tetap lurus.
  • Kondisi mobil yang miring akan menyebabkan salah satu sisi ban mobil mengalami aus lebih cepat. Kondisi ini sangat berbahaya karena jika tapak ban aus, ban tidak dapat mencengkram permukaan jalan secara sempurna sehingga risiko terjadinya selip semakin besar.

Balancing

Balancing adalah menyesuaikan atau menyeimbangkan semua sisi ban mobil dengan menambahkan timah pada bagian yang kurang. Ketika hal ini diabaikan, maka beberapa hal berikut akan terjadi:

  • Setir akan terasa bergetar dan bergoyang ke kiri dan kanan. Hal ini akan mengganggu kenyamanan Anda saat mengemudi. Anda juga akan merasa lebih sulit mengatur arah kendaraan karena kondisi ban yang tidak seimbang. Getaran ini biasanya muncul jika kecepatan mobil sudah mencapai di atas 60km/jam.
  • Jika kondisi tersebut tidak segera diatasi dan Anda masih juga mengabaikan balancing, maka akan berdampak pada beberapa komponen mobil lainnya.

Hal lain yang haaruss diingat, beberapa risiko di atas tidak hanya terjadi karena Anda mengabaikan spooring dan balancing, tetapi juga ketika setting yang dilakukan tidak benar. Itulah sebabnya, pastikan Anda melakukannya hanya di tempat spooring dan balancing yang sudah profesional sehingga semua hal di atas dapat dihindari, dan Anda bisa mengemudi dengan aman dan nyaman.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *