Memilih Pintu Untuk Kamar Mandi

Memilih bagian dari rumah bukanlah perkara mudah. Mulai dari memilih tirai untuk jendela, hingga memilih pintu untuk kamar mandi. Nah, apakah pintu UPVC, pintu kayu, atau pintu dengan material lain yang cocok untuk pintu kamar mandi? Biasanya, material yang dipilih ini disesuaikan dengan tema atau konsep ruangan agar dapat semakin menyempurnakan penampilan ruangan.pintu kamar mandi

Namun, bagaimana dengan kamar mandi? Apakah menyesuaikan dengan konsep sudah cukup untuk menentukan material yang akan digunakan?

Ternyata tidak sesederhana itu, loh! Sebab, kamar mandi akan selalu berhubungan dengan air. Itulah sebabnya, material kayu sangat tidak disarankan untuk digunakan pada ruangan ini. Sebab, kayu sangat rentan dengan jamur dan pelapukkan jika berada dalam ruangan lembab terlalu lama. Meskipun begitu, jika Anda memiliki ruang kamar mandi dengan ukuran yang cukup luas sehingga memiliki 2 jenis ruang kamar mandi, yaitu kamar mandi kering dan kamar mandi basah, Anda bisa menggunakan pintu kayu. Tentunya, pintu ini hanya boleh Anda pasang pada ruang kamar mandi kering yang sangat jarang sekali terkena air.

Selain pintu kayu, pintu alumunium juga sebenarnya tidak disarankan untuk digunakan. Mengapa? Karena pintu ini tergolong kurang awet dan cukup berisik saat terkena air. Jika usianya sudah cukup lama, pintu ini akan mengalami perubahan presisi sehingga akan berisik saat dibuka ataupun ditutup. Hal ini biasanya dikarenakan engsel yang lepas atau mulai kendur. Tidak hanya itu, pintu alumunium yang terkena air dan tidak dibersihkan atau dikeringkan secara sempurna akan meninggalkan bekas sehingga membuat tampilan pintu jadi kurang menarik.

Lalu, pintu apakah yang paling tepat untuk kamar mandi?

Saat ini ada dua material yang bisa Anda pilih untuk kebutuhan tersebut, yaitu pintu vinyl dan pintu UPVC. Kedua material ini memiliki beberapa kelebihan yang serupa, yaitu anti karat, anti keropos, anti rayap, awet, tahan air dan tidak berisik saat terkena air. Pintu ini juga cenderung mudah untuk dibersihkan. Meskipun memiliki berbagai kelebihan tersebut, pintu ini memiliki harga yang cukup terjangkau.

Jadi, pintu dengan material apa yang Anda pilih untuk kamar mandi rumah Anda?

1 thought on “Memilih Pintu Untuk Kamar Mandi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *