truk fuso

Kendaraan Alami Overheat? Lakukan Ini!

Saat mengendarai kendaraan di jalan raya, entah itu mobil pribadi maupun dump truk terbaik, Anda pastinya pernah mengalami overheat. Apa itu? Overheat merupakan kondisi di mana mesin kendaraan mengalami panas berlebih sehingga mengakibatkan keluar asap dari kap mesin kendaraan.

Penyebabnya karena komponen-komponen pada kendaraan seperti kipas radiator, thermostat, radiator, tutup radiator, dan lainnya mengalami masalah atau sudah aus sehingga menyebabkan overheat.

Lantas, apa yang sebaiknya dilakukan jika kendaraan mengalami overheat, terutama di jalan raya? Yuk, cek pembahasannya!

  1. Segera berhenti dan matikan mesin kendaraan

Jika kendaraan Anda mengalami overheat, segera berhenti dan bawalah kendaraan ke lokasi yang aman. Setelah itu, langsung matikan mesin kendaraan Anda. Tujuan melakukan ini adalah untuk mengatasi agar kendaraan tidak mengalami kerusakan yang lebih parah. Baru kemudian awasi jarum temperatur kendaraan.

  1. Buka kap kendaraan supaya panasnya hilang

Jangan sampai membiarkan panas terperangkap di dalam ruang mesin kendaraan. Untuk itu, bukalah tuas kecil pembuka kap mesin, lalu angkat tuasnya. Saat membuka tuasnya, berhati-hatilah karena terkadang tuas berada di dekat radiator yang mana ini bisa menyebabkan Anda terkena sengatan panas yang dihasilkan oleh radiator.

  1. Jangan membuka tutup radiator mesin kendaraan

Pastikan untuk tidak membuka tutup radiator mesin ketika kendaraan masih dalam kondisi panas. Jika Anda tetap melakukannya, maka uap dan air bertekanan tinggi akan lepas dan apabila terkena kulit akan langsung menyebabkan luka bakar serius.

  1. Cek tabung cadangan air radiator kendaraan

Biasanya, setiap kendaraan memiliki tabung cadangan air radiator yang terhubung ke bagian atas radiator. Tabung cadangan ini digunakan untuk membantu melihat apakah air di dalam radiator berkurang atau tidak. Untuk itu, periksalah komponen ini untuk memastikan agar air kendaraan tidak kurang. Apabila memang berkurang, tambahkanlah cairan pendingin.

  1. Cari apakah ada yang bocor di sistem pendingin kendaraan

Jika Anda paham seluk-beluk kendaraan, maka jika kendaraan mengalami overheat jangan lupa untuk mengecek apakah ada yang bocor di sistem pendingin. Jika ada, langsung atasi masalah tersebut dengan membawa kendaraan ke bengkel terdekat.

Itu dia beberapa hal yang sebaiknya dilakukan jika kendaraan Anda mengalami overheat. Semoga bermanfaat, ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *