makanan di kulkas
Food,  Tips And Trick

Sering Menyimpan Makanan di Kulkas Apartemen? Hindari Beberapa Hal Ini, Ya!

Untuk kamu yang tinggal di unit apartment Jakarta, kebiasaan menyetok bahan makanan di kulkas pastinya menjadi suatu kebiasaan. Ya, kesibukan sehari-hari membuat kamu harus di akhir pekan dan menyimpannya di kulkas agar awet. Bahkan tak jarang kamu membeli makanan beku atau makanan cepat saji dan menyimpannya di freezer. Intinya, kulkas menjadi ‘penyelamat’ kamu karena bisa mengawetkan berbagai bahan makanan dalam waktu yang relatif lama.

Hanya saja, kalau kamu sering menyimpan makanan di dalam kulkas, baiknya kamu berhati-hati, nih. Sebab jika salah menyimpannya, makanan justru bisa tidak awet apalagi kalau makanan disimpan di kulkas melewati batas waktu yang sudah ditentukan tentu akan langsung basi. Tak hanya itu, jika didiamkan terus menerus, kulkas kamu juga bisa cepat rusak, lho!

Lantas, apa saja yang harus dihindari ketika menyimpan makanan di kulkas? Cek artikel ini, ya!

  1. Menyimpan makanan terlalu banyak. Sehabis belanja di akhir pekan, ruang kulkas pastinya akan langsung penuh dengan berbagai bahan yang baru dibeli. Nah, usahakan untuk tidak memasukkan semua bahan makanan ke dalam kulkas. Atur sesuai dengan tempatnya dan jangan sampai melebihi batas maksimumnya. Dengan demikian, semua bahan akan tetap awet dan juga tidak mudah busuk. Kulkas yang terlalu penuh membuat sirkulasi di dalam kulkas menjadi tidak lancar. Alhasil, banyak bahan makanan yang cepat busuk karena terlalu pengap.
  2. Memasukkan makanan yang masih panas ke dalam kulkas. Entah itu makanan yang baru saja dimasak, dipanaskan, atau bahkan baru saja dibeli, menyimpan makanan dalam kondisi masih panas ke dalam kulkas sebaiknya dihindari. Sebab kulkas akan bekerja keras untuk menurunkan suhu makanan yang panas. Hal ini akan membuat kompresor kulkas rusak dan akhirnya tidak menghasilkan udara dingin lagi. Oleh sebab itu, tunggu makanan sampai dingin terlebih dahulu sebelum disimpan di dalam kulkas, ya.
  3. Kulkas tidak tertutup rapat. Saat sedang terburu-buru untuk mengambil sesuatu di dalam kulkas, seringnya kamu hanya menarik handle pintu dan membiarkannya tertutup sendiri. Kamu bahkan terlalu sibuk untuk memastikan apakah pintu kulkas sudah tertutup rapat. Meskipun sederhana, kebiasaan ini akan membuat makanan di dalam kulkas cepat busuk. Sebab udara dingin di dalam kulkas akan langsung keluar dan tak bisa lagi menjaga keawetan makanan di dalamnya.

Tiga hal di atas sebaiknya dihindari agar makanan di dalam kulkas bisa tetap awet. Semoga membantu dan selamat mencoba, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *