kayu pohon
Furniture,  Property

Kayu Jati dan Kayu Mahoni, Mana yang Lebih Unggul?

Untuk keperluan pembuatan kusen, ada banyak material yang bisa dipilih. Seperti kusen UPVC, kusen kayu, kusen alumunium, dan sebagainya. Begitu pula material yang digunakan dalam pembuatan furniture. Jika material yang digunakan adalah UPVC ataupun alumunium, Anda mungkin tidak pernah dibuat bingung dengan banyaknya jenis material ini yang bisa dipilih. Berbeda jika yang Anda pilih adalah material kayu.

Ada banyak jenis kayu yang sering digunakan, dan kayu mahoni maupun kayu jati merupakan contoh yang cukup banyak dipilih. Namun, meskipun sama-sama kayu, tetapi keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Lalu, manakah yang lebih baik? Berikut ini perbandingannya.

Kekuatan

Jika melihat dari segi kekuatan, baik kayu jati maupun kayu mahoni sama-sama kuat sehingga baik jika digunakan sebagai material furniture atau kusen. Namun jika dilihat dari usia pakai, kayu jati memiliki usia pakai yang lebih lama dibandingkan dengan kayu mahoni. Atau bisa dikatakan kayu jati lebih tahan lama dibandingkan dengan kayu mahoni. Diperkirakan, untuk pemakaian outdoor kayu jati bisa bertahan hingga 80 tahun sementara kayu mahoni hanya setengahnya, yaitu 40 tahun.

Serangan hama

Kayu jati termasuk kayu yang sangat jarang sekali diserang oleh hama atau mengalami lapuk. Hal ini jugalah yang memengaruhi usia kusen atau furniture dari kayu jati. Berbeda dengan kayu mahoni yang masih berisiko diserang oleh hama.

Pengaruh cuaca

Kayu jati tidak dipengaruhi oleh cahaya. Artinya, tidak masalah saat hujan, panas, atau kondisi apapun kayu ini tidak akan menyusut atau memuai. Berbeda dengan kayu mahoni yang dapat terpengaruh oleh perubahan cuaca.

Corak kayu

Baik corak kayu jati maupun mahoni, keduanya sama-sama terlihat indah sehingga cukup banyak kusen atau furniture yang dibiarkan menggunakan corak aslinyatanpa dilakukan pengecetan ulang. Bahkan, furniture dari kayu mahoni di Indonesia sering di ekspor karena banyak yang menganggap kayu ini memiliki corak yang mewah.

Harga

Dari berbagai penjelasan di atas, Anda mungkin berpikir bahwa yang terbaik adalah kayu jati. Anda sebenarnya tidak salah, tetapi tidak semua orang mau menggunakan kayu jati sebagai material kusen atau furniture di tempat tinggalnya karena kayu mentah pohon ini sangatlah mahal. Tidak hanyaa itu, kayu ini juga memiliki bobot yang cukup berat sehingga sulit jika harus dipindahkan.

 

Bagaimana menurut Anda? Material kayu apa yang menjadi pilihan Anda? (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *