daging ayam mentah

Ini Dampak Pada Tubuh saat Kekurangan Protein

Protein merupakan senyawa penting yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, seperti memperbaiki sel yang rusak, menghasilkan enzim dan hormon, mengatasi masalah kulit yang muncul saat kemarau, dan masih banyak lagi. Protein hewani bisa didapatkan dari daging sementara protein nabati bisa didapatkan dari tahu atau tempe. Selain itu, kamu juga bisa memenuhi kebutuhan protein dari suplemen dalam bentuk bubuk protein, seperti produk Herbalife yaitu Personalized Protein Powder. Protein dalam bentuk bubuk tersebut sangat praktis untuk dikonsumsi karena bisa kamu masukkan ke dalam makanan, seperti bubur, sup, yogurt, dan sebagainya.

Lalu, apa ya dampaknya jika kebutuhan protein harian ini tidak terpenuhi? Tentu saja dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan untuk tubuhmu. Berikut ini adalah beberapa dampak yang bisa terjadi saat tubuh kekurangan protein, yaitu:

  • Rambut rontok

Banyak orang yang mengalami masalah rambut rontok fokus pada pengobatan di area tersebut untuk mengatasinya. Misalnya menggunakan perawatan rambut anti rontok. Padahal, kekurangan protein juga bisa menyebabkan masalah ini. Ketika tubuh kekurangan protein, maka folikel rambut banyak yang memasuki fase istirahat dan laju pertumbuhan rambut juga melambat. Akibatnya rambut jadi rapuh dan mudah rontok.

  • Menurunnya imunitas

Protein memiliki peran penting untuk membentuk berbagai molekul pendukung imun tubuh, seperti sel darah putih, antibodi, protein darah, dan berbagai molekul lain. Ketika tubuh kekurangan protein, secara otomatis pembentukan molekul tersebut akan terganggu sehingga imunitas tubuh juga akan menurun. Akibatnya tubuh akan lebih rentan terserang berbagai jenis penyakit.

  • Berkurangnya massa otot

Protein merupakan sumber makanan utama bagi otot. Ketika tubuh kekurangan protein, maka otot akan kehilangan sumber makanan dan membuat massanya menjadi berkurang. Akibatnya ukuran otot akan mengecil dan bisa menimbulkan rasa nyeri jika tidak ssegera diatasi.

  • Menghambat penyembuhan luka

Protein juga berfungsi untuk memperbaiki jaringan yang rusak serta membentuk jaringan baru. Ketika ada luka pada tubuhmu, maka protein akan bekerja untuk menyembuhkannya dan memperbaiki semua jaringan yang rusak tersebut. Ketika tubuh kekurangan protein, maka kemampuan tersebut akan berkurang sehingga luka menjadi sembuh lebih lama.

  • Obesitas

Tahukah kamu bahwa kekurangan protein bisa membuatmu terus merasa lapar meskipun sudah banyak makan? Akibatnya kamu akan terus makan hingga merasa kenyang. Kondisi ini secara otomatis berpotensi meningkatkan berat badanmu. Tidak hanya itu, jika kamu memenuhi rasa lapar tersebut dengan mengonsumsi makanan manis, maka risikonya kamu juga bisa menderita diabetes.

Wah, ternyata dampak kekurangan protein dalam tubuh tidak main-main ya! Jadi, yuk mulai penuhi kebutuhan proteinmu dari sekarang, baik dari makanan yang dikonsumsi maupun suplemen tambahan.

 

 

1 thought on “Ini Dampak Pada Tubuh saat Kekurangan Protein”

  1. Pingback: Makanan Kaya Nutrisi. Yuk, Konsumsi!

Leave a Comment

Your email address will not be published.